Mustikawan, Alfin and Zamroni, Zamroni (2023) Model Evaluasi Mutu Perguruan Tinggi Islam Berbasis Nilai-Nilai Ulul Albab. S3 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
disertasi-alfin mustikawan-15701261013.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Desain model evaluasi mutu perguruan tinggi islam berbasis nilai ulul albab (UAQEM), 2) Kualitas UAQEM, 3) Hasil evaluasi mutu perguruan tinggi islam berbasis nilai-nilai ulul albab, 4) Keefektifan Panduan UAQEM Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Desain penelitian ini merujuk pada model yang dikembangakan oleh Plomp &Nieveen yang terdiri atas tiga tahapan penelitian yaitu, preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Pengembangan model evaluasi,instrument dan panduan dilakukan berdasarkan kajian teori dan penelitian terdahulu dan selanjutnya divalidasi oleh pakar dan praktisi dengan menggunakan teknik Delphi. Uji coba keterbacaan dilakukan oleh para pakar dan praktisi. Uji coba terbatas diberika kepada 3 program studi yang mewakili 3 fakultas dan ujicoba diperluas diberikan kepada 10 program studi pada jenjang sarjana, magister dan doctoral. Data penelitian diolah dengan menggunaka analisis data kuantitatif dan data kualitaif. Hasil penelitian ini menunjukkan desain model evaluasi mutu perguruan tinggi Islam berbasis nilai-nilai ulul albab (UAQEM) terbukti sangat penting untuk digunakan berdasarkan pendapat para pakar dan praktisi dengan rerata skor penilian keseluruhan 4,38. Kualitas UAQEM yang dikembangkan juga terbukti dapat mengukur indikator mutu yang dikembangkan, dan hal tersebut ditunjukkan dengan skor V Aiken dengan rerata skor 0.95 berdasarkan penilaian pakar dan praktisi. Hasil evaluasi mutu terhadap program studi yang menjadi subyek ujicoba menunjukkan hasil yang unggul dengan rerata skor 4,1. Panduan evaluasi yang dikembangkan bisa digunakan karena memenuhi kriteria kepraktisan sangat baik berdasarkan penilaian para rater dengan skor lebih dari 4.
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | comprehensive, continuity of care, instrumen evaluasi, praktik klinik kebidanan |
| Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 17 Jul 2023 06:46 |
| Last Modified: | 17 Jul 2023 06:46 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78251 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
