PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD PALIYAN II GUNUNGKIDUL

Puput Candra, Arimurti (2012) PENGARUH METODE INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD PALIYAN II GUNUNGKIDUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108241133.pdf

Download (21MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108241133.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108241133.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108241133.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108241133.pdf

Download (54MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan metode inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar siswa khususnya kelas IV SD pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini berjenis quasi experimental nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Paliyan II Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian populatif dengan populasi seluruh siswa kelas IV SD Paliyan II Gunungkidul yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan total jumlah siswa 33. Metode pengumpulan data berupa tes. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda dan soal uraian. Cara mencari validitas soal adalah dengan konsultasi dosen ahli dan menggunakan korelasi product moment. Teknik analisis data dengan statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing memperoleh nilai rata-rata yang lebih tinggi atau berbeda secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode biasa. Dengan demikian metode inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Paliyan II Gunungkidul. Hal ini diperoleh dari hasil analisis yaitu menghitung perbandingan rata-rata nilai antara kelompok eksperimen sebesar 7,70 dan kelompok kontrol sebesar 6,48, gain score ternormalisasi kelompok eksperimen yaitu 0,644 dan kelompok kontrol yaitu 0,433 yang berkriteria sedang serta perhitungan uji t yang diperoleh t hitung sebesar 0,812 dengan signifikansi 0,00.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode inkuiri terbimbing, prestasi belajar, IPA.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:12
Last Modified: 29 Jan 2019 17:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7794

Actions (login required)

View Item View Item