PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SANGGRAHAN KRANGGAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

Nindya, Ristyandini (2012) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SANGGRAHAN KRANGGAN TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08108244079.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08108244079.pdf

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2 - 08108244079.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5 - 08108244079.pdf

Download (908kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108244079.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Sanggrahan Kranggan Temanggung Tahun Ajaran 2011/2012. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh positif gaya kepemimpinan situasional terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Sanggrahan Kranggan Temanggung tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis pre-exsperimental design tipe One Shot Case Study Design. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Sanggrahan dengan jumlah 37 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2011/2012, yakni pada bulan maret sampai april 2012. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumen. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis data uji t dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKn dengan rata-rata nilai siswa sebelum dilakukan treatment gaya kepemimpinan situasional sebesar 71,10 dan setelah dilakukan treatment gaya kepemimpinan situasional sebesar 75,16. Hasil penelitian dianalisis dengan statistik uji t bahwa nilai t sebesar -27,936 dan sig 0,000 yang berarti nilai sig menyatakan < 0,05. Sumbangan gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 31,4%. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran dapat memberikan pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Sanggrahan Kranggan Temanggung tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan situasional guru dalam pembelajaran, prestasi belajar Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKn
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:08
Last Modified: 29 Jan 2019 17:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7776

Actions (login required)

View Item View Item