EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMASAK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) N 11 YOGYAKARTA

DWIANTI, PUSPITASARI (2012) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMASAK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) N 11 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 10511247003.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 10511247003.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 10511247003.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 10511247003.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 10511247003.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran keterampilan memasak di SMA N 11 Yogyakarta yang difokuskan pada: 1) context meliputi kesesuaian materi pembelajaran dengan Kurikulum KTSP keterampilan SMA. 2) input meliputi latar belakang guru pengampu mata pelajaran keterampilan memasak, minat siswa terhadap mata pelajaran keterampilan memasak, ketersedian prasarana dan sarana praktik dalam keterampilan memasak telah sesuai dengan yang kebutuhan. 3) process meliputi media dan metode yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan memasak. 4) product meliputi pencapaian hasil belajar siswa yang dilihat dari aspek afektif, aspek kognitif dan aspek psikomotorik pada pembelajaran keterampilan memasak. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Penelitian dilakukan di SMA N 11 Yogyakarta dari tanggal 2 April 2012 sampai dengan 30 April 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran keterampilan memasak dan siswa kelas X dan XI yang mengikuti mata pelajaran memasak. Sampel dalam penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran dan siswa masing-masing satu kelas untuk kelas X dan kelas XI dengan metode evaluasi. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Pengujian validitas konstruks instrumen menggunakan experts judgment dan validitas eksternal menggunakan rumus korelasi product moment untuk angket dan korelasi point biserial untuk instrument tes. Hasil angket minat siswa semua dinyatakan valid, angket media dan metode pembelajaran terdapat 1 item soal gugur, untuk soal tes kelas X dinyatakan 1 item soal gugur dan soal kelas XI dinyatakan 3 item soal gugur. Reliabilitas angket menggunakan Alpha Cronbach dengan hasil angket minat siswa didapat nilai 0,9, angket media dan metode dalam pembelajaran didapat nilai 0.879 dan tes obyektif menggunakan split half (ganjil genap) dengan hasil tes kelas X didapat nilai 0,848, tes kelas XI didapat nilai 0,898. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa : 1). context meliputi materi yang digunakan telah sesuai dengan KTSP keterampilan SMA, meskipun tidak semua digunakan dan ada kebijakan untuk penyempurnaan kurikulum yakni Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL). 2) input meliputi latar belakang pendidikan terakhir guru pengampu adalah Sarjana Pendidikan (S1) jurusan Teknik Boga dengan pengalaman mengajar selama 5 tahun dan 2 tahun, minat siswa dalam pembelajaran ketarampilan memasak masuk dalam kategori baik dan prasarana dan sarana yang tersedia secara umum cukup memadai untuk belajar, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan dari beberapa aspek yang diamati. 3) process meliputi media dan metode yang digunakan guru untuk mengajar selama KBM berlangsung untuk pembelajaran ketarampilan memasak masuk dalam kategori baik. 4) product meliputi pencapaian hasil pembelajaran untuk kelas X dan XI dilihat dari segi kognitif dan afektif siswa masuk dalam kategori sangat baik, sedangkan dilihat dari aspek psikomotorik siswa masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:07
Last Modified: 29 Jan 2019 17:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7772

Actions (login required)

View Item View Item