MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGMOJO II

Linda, Kurniawati (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGMOJO II. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108244003.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108244003.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108244003.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108244003.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108244003.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui model Cooperative Learning tipe TAI pada siswa kelas V SD Negeri Karangmojo II. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan guru sebagai pengajar dan peneliti sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Karangmojo II yang berjumlah 15 siswa dan objek penelitiannya adalah hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Instrumen tersebut divalidasi menggunakan pengujian validitas konstrak. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk menjaring data hasil tes. Sedangkan metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menjaring data hasil observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Cooperative Learning tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri Karangmojo II. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan persentase ketuntasan siswa sesuai KKM matematika. Pada tahap pratindakan persentase ketuntasan adalah 40% meningkat menjadi 60% pada siklus I. Peningkatan juga terjadi pada siklus II sehingga siswa yang tuntas KKM menjadi 73%. Peningkatan pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan karena lebih dari 70% siswa tuntas KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, Cooperative Learning tipe Team Assisted Individualization (TAI)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:03
Last Modified: 29 Jan 2019 17:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7761

Actions (login required)

View Item View Item