Iqlima Mudmainnah , Pramudyaningrum (2012) PENGARUH PAPAN BIMBINGAN TERHADAP PEMAHAMAN MATERI BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover - 06104241011.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 - 06104241011.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 - 06104241011.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 - 06104241011.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran - 06104241011.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh papan bimbingan terhadap pemahaman materi bimbingan belajar pada siswa. Penelitian ini termasuk Penelitian Eksperimen Kuasi atau Quasi Experiment, dengan bentuk Pre test-Post test Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX E SMP Negeri 6 Y ogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2012 dan berakhir pada tanggal 2 April 2012. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman materi bimbingan belajar. Adapun analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan teknik t-test. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan pre test dan post tes pada tes pemahaman materi bimbingan belajar, terjadi peningkatan nilai hasil tes pemahaman materi setelah diberikan papan bimbingan . Hasil analisis deskriptif diketahui nilai mean pre test dan post test tes pemahaman materi bimbingan belajar sebesar 52,56 dan 59,06, nilai mode sebesar 41 dan 41, nilai median sebesar 48,28 dan 59,00, skor nilai minimum sebesar 14 dan 43, skor nilai maksimum 100 dan 100 dengan standar deviasi sebesar 24,246 dan 20,362. Dari distribusi pre test dan post test tes pemahaman materi bimbingan belajar siswa presentasi kategori baik pada hasil pre test sebanyak 18, 1 % setelah mendapat treatment meningkat menjadi 27,2%. Pada presentase kategori cukup baik pada hasil pre test 36,4% setelah mendapat treatment papan bimbingan meningkat menjadi 51,7%. Dan kategori kurang baik pada hasil pre test sebanyak 21,3% turun menjadi 9,0%. Pada kategori tidak baik dari angka 6,1% menurun menjadi 3%. Tapi ternyata pada kategori sangat baik juga mengalami penurunan yang saat sebelum treatment hasil pre test 18,1% menurun menjadi 12,1%. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan papan bimbingan dapat mempengaruhi pemahaman materi bimbingan belajar pada siswa kelas IX SMP N 6 Yogyakarta. .
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | papan bimbingan, pemahaman materi bimbingan belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Pendidikan > Bimbingan Pendidikan > Konseling Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling ?? ppb ?? Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 00:59 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7750 |
Actions (login required)
View Item |