Pengembangan Model Evolutionary Scientific Literacy Assessment Menggunakan e-Portfolio (e-PESLA) untuk Perkuliahan Daring di Pendidikan Tinggi.

Prastiwi, Muji Sri and Kartowagiran, Badrun (2022) Pengembangan Model Evolutionary Scientific Literacy Assessment Menggunakan e-Portfolio (e-PESLA) untuk Perkuliahan Daring di Pendidikan Tinggi. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-muji sri prastiwi-15701261015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian pengembangan model e-PESLA untuk perkuliahan daring di pendidikan tinggi bertujuan untuk menghasilkan prototype model e-PESLA, menguji kualitas validitas dan reliabilitas model e-PESLA, menguji keefektifan model e-PESLA, menguji kepraktisan penggunaan model e-PESLA, serta mendeskripsikan kemampuan literasi saintifik teori evolusi dan keterampilan membuat e-portfolio mahasiswa. Pengembangan model e-PESLA menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan Integrative Learning Design Framework (ILDF). Langkah pengembangan model terdiri dari fase exploration, enactment, evaluation, dan reflection. Analisis kualitas model e-PESLA meliputi validitas isi dengan menggunakan indeks validitas Aiken, validitas konstruk dengan menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA), reliabilitas dengan menggunakan rumus Alpha Chronbach, keefektifan dengan menggunakan MANOVA, kepraktisan serta analisis kemampuan literasi saintifik dan keterampilan membuat e-portfolio mahasiswa dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian adalah prototype model e-PESLA dengan karakteristik yaitu: (1) instrumen e-PESLA sangat valid, (2) instrumen e-PESLA sangat reliabel (3) model e-PESLA efektif berpengaruh dan signifikan terhadap literasi saintifik, (4) instrumen dan sistem e-portfolio praktis digunakan oleh dosen dan mahasiswa, serta (5) mayoritas mahasiswa mempunyai kemampuan literasi saintifik teori evolusi dan keterampilan membuat e-portfolio pada kategori advanced-conceptual.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: daring, evolusi, e-portfolio, literasi saintifik, model penilaian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:30
Last Modified: 12 Apr 2023 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77479

Actions (login required)

View Item View Item