ATMI KURNIATI, PRATIWI (2012) STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA KELOMPOK USAHA PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA SEJAHTERA (UPPKS) DI KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2011. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
BAB 1-06408144012.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
1-06408144012.pdf Download (21MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2-06408144012.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5-06408144012.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN-06408144012.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran (variabel produk, harga, promosi, distribusi) dan variabel yang dominan terhadap keputusan produsen dalam melakukan penjualan produk yang dihasilkan oleh kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh produsen di UPPKS yang melakukan penjualan produk makanan di Kabupaten Kulon Progo. Subjek penelitian berjumlah 36 responden yang terdiri dari 12 orang dari produsen sektor makanan, pertanian, dan peternakan. Pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner terbuka. Analisis data yang digunakan adalah penyajian jawaban kuesioner dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa 1) Hasil produk, pada sektor makanan yang dihasilkan misalnya slondok, enting–enting, teh salam mahkota dewa, minyak asiri, wingko, gula jawa, emping, keripik, rempeyek, tepung garut, telur asin, kerupuk pangsit. Sektor pertanian menghasilkan padi, durian, cabe, cengkeh, semangka, rambutan, dan palawija seperti jagung, kedelai, kacang tanah, cabai, bawang merah. Hasil sector peternakan diantaranya ternak sapi, lele, ayam buras, burung puyuh, ayam ras, ikan gurame, bebek, dan kambing etawa. 2) Harga, cara menentukan harga dengan melihat modal yang meliputi harga bahan baku, biaya operasional kemudian disesuaikan harga dipasar/produk lain. 3) Promosi, mayoritas kelompok UPPKS tidak menggunakan iklan dalam menawarkan produknya. 4) Distribusi, cara mendistribusikan produk bekerja sama dengan pedangan di luar kota, mengikuti bazaar, dan sales menjual langsung ke luar kota sebagai oleh-oleh khas. Bauran pemasaran yang dominan berpengaruh terhadap keputusan produsen dalam melakukan penjualan adalah produk, kedua harga, ketiga distribusi, dan keempat promosi. Kata kunci : Strategi bauran pemasaran, produk, harga, promosi dan distribusi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi bauran pemasaran, produk, harga, promosi dan distribusi |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 08:03 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7732 |
Actions (login required)
View Item |