Palupi, Marike Nawang and Dwiningrum, Siti Irene Astuti (2023) Pendidikan Literasi Transformatif di Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi-marike nawang palupi-13703261011.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian pendidikan literasi transformatif merupakan salah satu fokus penelitian literasi dari perspektif sosiokultural dengan paradigma teori kritis. Di konteks sekolah dasar Indonesia, penelitian literasi belum banyak membahas isu relasi kuasa. Penelitian ini menggunakan metode etnografi kritis untuk menggali informasi terkait apa dan bagaimana pengajaran aspek konten, konteks dan praktik pendidikan literasi di sekolah dasar secara apa adanya. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas 1, 5 ,4 dan 6 di SDN Sumber 1 Berbah. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara kelompok dan analisis dokumen. Untuk keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi dan member check. Peneliti menggunakan teori literasi kritis dari Hillary Janks untuk analisis data.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan literasi transformatif, literasi kritis, pendidikan literasi perspektif sosiokultural, dominasi, pedagogi kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 02:14 |
Last Modified: | 11 May 2023 04:00 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77247 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |