UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B 2 TK PETIWI 57 BANGUNHARJO SEWON BANTUL

DYAH KIRANA AGUNG, RAHAYU (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA KELOMPOK B 2 TK PETIWI 57 BANGUNHARJO SEWON BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 09111247012.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 09111247012.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 09111247012.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 09111247012.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 09111247012.pdf

Download (339MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak dengan metode bercakap-cakap melalui media cerita bergambar pada kelompok B2 TK Pertiwi 57 Bangunharjo Sewon Bantul tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B2 TK Pertiwi 57 Bangunharjo, dengan jumlah siswa 29 anak terdiri dari 19 putra dan 10 putri. Objek penelitian berupa keterampilan berbicara anak meliputi kebaranian anak berbicara dengan inisiatif sendiri, kemampuan menyebutkan 3 koasakata bervarisai, pengucapan kata dengan lancar dan tepat, merangkai kalimat sederhana. Kegiatan pembelajaran keterampilan berbicara melalui metode bercakap-cakap dengan menggunakan media cerita bergambar. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan ditampilkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara anak bisa meningkat dengan metode bercakap-cakap melalui media cerita bergambar. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan pada keberanian berbicara dengan inisiatif sendiri dari 24,13% meningkat menjadi 84,48%, kemampuan menyebutkan 3 koskata bervarisai dari 27,58% meningkat menjadi 81,03%, pengucapkan kata-kata dengan lancar dan tepat dari 27,58% meningkat menjadi 84,48%, merangkai kalimat sederhana dengan susunan Subyek Predikat Obyek dari 24,13% meningkat menjadi 81,03%. Kata kunci : keterampilan berbicara, media cerita bergambar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, media cerita bergambar.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 08:00
Last Modified: 29 Jan 2019 17:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7724

Actions (login required)

View Item View Item