Pengembangan Model Probalusan IPA untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan proses dan sikap peserta didik dalam Pembelajaran IPA di SMP.

Rehiara, Rosaniya E. and Prasetyo, Zuhdan Kun (2023) Pengembangan Model Probalusan IPA untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan proses dan sikap peserta didik dalam Pembelajaran IPA di SMP. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-osaniya e. rehiara-15703269004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ROSANIYA E. REHIARA: Pengembangan Model Probalusan IPA untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan proses dan sikap peserta didik dalam Pembelajaran IPA di SMP. Disertasi. Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan menghasilkan model Probalusan IPA yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan proses dan sikap peserta didik dalam pembelajaran IPA SMP di Kota Jayapura. Penelitian ini menggunakan desain research and development model Borg & Gall (1983), yang meliputi 10 langkah, yaitu: 1) mengumpulkan informasi, 2) membuat rancangan model, 3) mengembangkan produk awal, 4) melakukan uji coba produk awal, 5) merevisi produk awal, 6) melakukan uji coba terbatas, 7) merevisi hasil uji coba terbatas, 8) melakukan uji coba luas, 9) merevisi produk akhir, dan 10) desiminasi dan implementasi produk. Teknik pengumpulan data meliputi; dokumentasi, angket, lembar observasi, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif, dengan menggunakan independent sample-test, Uji Mann Whitney, uji MANOVA, Kruskal-Wallis, N-Gain, dan uji effect-size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model Probalusan IPA yang dihasilkan memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian ahli terhadap instrumen penelitian dengan kriteria sangat baik; (2) model Probalusan IPA tersebut memenuhi kriteria praktis berdasarkan uji kepraktisan oleh pendidik terhadap perangkat pembelajaran (silabus, RPP, dan LKPD), lembar penilaian keterampilan proses, angket sikap, lembar penilaian pendidik, dan lembar penilaian keterlaksanaan pembelajaran dengan kriteria sangat baik; (3) model Probalusan IPA tersebut dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan proses dan sikap peserta didik terhadap IPA memenuhi kriteria efektif. Hasil uji beda pada uji coba luas menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai peserta didik yang diajar dengan menggunakan model Probalusan IPA dengan nilai peserta didik yang diajar dengan menggunakan model konvensional. Nilai pengetahuan, keterampilan proses dan sikap peserta didik yang diajar dengan menggunakan model Probalusan IPA lebih tinggi dibandingkan dengan nilai peserta yang diajar dengan menggunakan model konvensional. Keefektifan model Probalusan IPA tersebut masuk kategori tinggi berdasarkan nilai N-Gain dan effect-size.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model Probalusan, pengetahuan, keterampilan proses, sikap
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:00
Last Modified: 28 Mar 2023 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77229

Actions (login required)

View Item View Item