EFEKTIVITAS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA TUNARUNGU KELAS V DI SLB NEGERI KOTA MAGELANG

Faradilla, Intan Tsani Faradilla (2022) EFEKTIVITAS PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA TUNARUNGU KELAS V DI SLB NEGERI KOTA MAGELANG. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_intan tsani faradilla_18729251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kefeektivan pendekatan Whole language terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas V Sekolah Dasar di SLB Negeri Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa tunarungu yang kelas V Sekolah Dasar. Data diperoleh dengan melakukan tes kemampuan membaca pemahaman dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam tes kemampuan membaca pemahaman adalah uji statistik nonparametris dan pengujian hipotesis menggunakan tes Wilcoxon match pairs. Analisis data observasi dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Whole language efektiv terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas V di SDLB. Keefektivan tersebut berdasarkan hasil uji hipotesis yang berupa T hitung 0 = T tabel 0. Penguasaan kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu ditunjukkan dengan kemampuan siswa dalam menemukan informasi dan menjawab pertanyaan mengenai detaik-detail fakta, menuliskan pokok pikiran utama dan menuliskan kembali teks bacaan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca pemahaman, siswa tunarungu, pendekatan whole language
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 27 Mar 2023 00:52
Last Modified: 27 Mar 2023 00:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77191

Actions (login required)

View Item View Item