STUDI KASUS MANAJEMEN PENDIDIKAN VOKASIONAL UNTUK SISWA AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA

NURHASANAH, HANI (2022) STUDI KASUS MANAJEMEN PENDIDIKAN VOKASIONAL UNTUK SISWA AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
fulltext_hani nurhasanah_17729251005.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan manajemen pendidikan vokasional untuk siswa autis di Sekolah Luar Biasa Autisma Dian Amanah. Yang meliputi (1) perencanaan manajemen pendidikan vokasional, (2) pengorganisasian manajemen pendidikan vokasional, (3) pelaksanaan manajemen pendidikan vokasional, (4) evaluasi manajemen pendidikan vokasional. Hasil dari penelitian ini yaitu, sekolah telah menerapkan tahapan fungsifungsi manajemen pendidikan vokasional yang terdiri dari (1) perencanaan manajemen pendidikan vokasional untuk peserta siswa autis adalah perencanaan menetapkan tujuan jangka panjang dan jangka pendek dilakukan sebelum tahun ajaran baru, pihak sekolah menyusun tujuan jangka panjang dan jangka pendek mempertimbangkan aspek keterampilan dan kebutuhan lapangan, pihak yang terlibat dalam menentukan tujuan adalah kepala sekolah, komite sekolah, guru keterampilan dan orang tua siswa dan stakholder. (2) Pengorganisasian manajemen pendidikan vokasional, pembagian tim manajemen vokasional diatur berdasarkan kriteria latar belakang pendidikan guru vokasional. Pembagian tanggung jawab kerja guru sesuai dengan porsinya, kepala sekolah sebagi penanggung jawab sekaligus pengorganisasiannya. (3) Pelaksanaan manajemen pendidikan vokasional dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, sebelum pembelajaran guru menyiapkan program pembelajaran yang disesuaikan hasil asesmen siswa, media yang digunakan guru media konkrit yang telah disediakan oleh sekolah, guru menggunakan metode demonstrasi dan praktik langsung, dalam pembelajarannya dan guru melakukan evaluasi setiap saat. (4) evaluasi manajemen pendidikan vokasional meliputi pengoptimalan perbaikan program pendidikan vokasional, inovasi dari program vokasional, mengarahkan atau merekomendasikan perbaikan kerja anggota tim dengan diberikan pembekalan dan diskusi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen pendidikan, pendidikan vokasional, siswa autis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 24 Mar 2023 02:38
Last Modified: 24 Mar 2023 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77166

Actions (login required)

View Item View Item