Lestari, Dwi Sri (2022) PENGARUH SELF-ESTEEM, SELF-EFFICACY, DAN REGULASI EMOSI TERHADAP STRES KERJA PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA DI YOGYAKARTA. [Artefact]
![]() |
Text
fulltext_dwi sri lestari_17729251014.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Guru Sekolah Luar Biasa memiliki peran, tugas, tanggung jawab yang bisa berbeda dari guru di sekolah lainnya. Dilihat dari siswa yang diajar, Guru SLB dipandang memiliki lebih banyak stresor, dan kemungkinan merasakan beban kerja dan tingkat stres yang lebih tinggi dibanding guru sekolah lainnya. Belum ada penelitian di Indonesia meneliti secara spesifik mengarah pada stres kerja Guru SLB dengan menggunakan model prediktif melibatkan self-esteem, efikasi diri, regulasi emosi sebagai prediktor, dan psychological well-being sebagai mediasinya. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi stres kerja pada Guru SLB di D.I. Yogyakarta dengan variabel eksogen berupa self-esteem, efikasi diri, dan regulasi emosi, sedangkan psychological well-being berperan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional, Sampel yang digunakan sebesar 167 orang. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Pengumpulan data yaitu menggunakan kuisioner. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala self-esteem, self-efficacy, regulasi emosi, stres kerja dan phsycological well-being. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel eksogen berpengaruh secara positif signifikan terhadap psychological well-being. Dan psychological wellbeing berpengaruh negatif signifikan terhadap stres kerja. Dari tiga struktur yang ada, antara self-esteem, efikasi diri, dan regulasi emosi, prediktor terkuat dalam menurunkan stres kerja adalah dari regulasi emosi melalui psychological wellbeing (OS -0,670).
Item Type: | Artefact |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru SLB, Stres Kerja, Self-Esteem, Efikasi Diri, Regulasi Emosi, Psychological Well-Being. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2023 02:11 |
Last Modified: | 24 Mar 2023 02:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year