KEEFEKTIFAN METODE LEARNING BY DOING DALAM KETERAMPILAN MENGGUNTING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS BAGI ANAK HAMBATAN INTELEKTUAL KATEGORI RINGAN KELAS VI SD DI SLB SUHARJO PUTRA

Sari, Nindyra Mu’nis (2023) KEEFEKTIFAN METODE LEARNING BY DOING DALAM KETERAMPILAN MENGGUNTING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS BAGI ANAK HAMBATAN INTELEKTUAL KATEGORI RINGAN KELAS VI SD DI SLB SUHARJO PUTRA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_nindyra munis sari_19103244018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode learning by doing melalui keterampilan menggunting untuk peningkatan motorik halus pada siswa hambatan intelektual kategori ringan kelas VI SD di SLB Suharjo Putra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan sebanyak empat pertemuan dengan subjek siswa hambatan intelektual kategori ringan yang terhambat pada kemampuan motorik halus kelas VI SD di SLB Suharjo Putra yang berjumlah dua orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes perbuatan. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data statistik non-parametrik dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Metode pengujian menggunakan rumus tes tanda. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang dialami oleh kedua subjek setelah ditentukan perbandingan hasil pre-test dan post-test. Peningkatan yang dialami subjek MA meningkat sebesar 34,38% dari nilai pre-test 50% menjadi 84,38% pada nilai post-test. Subjek JD mendapatkan nilai pre-test sebesar 59,38% dan mendapat nilai post-test sebesar 93,75%, sehingga peningkatan yang dialami oleh subjek JD yaitu sebesar 34,37%. Kesimpulan akhir serta hipotesis menunjukkan bahwa metode learning by doing efektif dalam keterampilan menggunting untuk peningkatan motorik halus pada anak hambatan intelektual kategori ringan kelas VI SD di SLB Suharjo Putra. Keefektifan tersebut ditunjukkan oleh hasil analisis data menggunakan tes tanda menunjukkan hasil pengujian p= 0,031 lebih kecil dari p= 0,05

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode learning by doing, anak hambatan intelektual kategori ringan, keterampilan menggunting, motorik halus
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:26
Last Modified: 21 Mar 2023 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77124

Actions (login required)

View Item View Item