PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE WORD AROUND (WA) PADA ANAK HAMBATAN INTELEKTUAL KATEGORI RINGAN KELAS IV SD NEGERI 2 DESA BIRIT KABUPATEN KLATEN

Risky, Elsa Nur (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE WORD AROUND (WA) PADA ANAK HAMBATAN INTELEKTUAL KATEGORI RINGAN KELAS IV SD NEGERI 2 DESA BIRIT KABUPATEN KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_elsa nur risky_19103244015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan proses dan hasil peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan metode Word Around (WA) pada anak hambatan intelektual kategori ringan kelas IV di SD Negeri 2 Desa Birit, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan cara berkolaborasi bersama guru kelas IV di SD Negeri 2 Birit. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan yaitu Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek Penelitian yang digunakan berjumlah 1 siswa hambatan intelektual kategori ringan. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa proses peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan metode Word Around (WA) pada anak hambatan intelektual kategori ringan kelas IV di SD Negeri 2 Desa Birit dilakukan dengan mengobservasi kesulitan siswa dalam pembelajaran membaca, dilanjutkan dengan merancang dan menerapkan kegiatan pembelajaran bersama guru di dalam kelas Hasil penerapan kegiatan membaca permulaan menggunakan metode Word Around (WA) tersebut menunjukkan sebuah peningkatan. Peningkatan dalam proses pembelajaran ditunjukkan adanya perubahan sikap belajar seperti lebih antusias dan fokus. Selain itu, peningkatan kemampuan membaca juga ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil tes dari pra tindakan ke siklus I hingga siklus II. Pada kemampuan awal 34,37% (Kurang sekali) meningkat sebesar 32,29% yaitu menjadi 66,66% (cukup) pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 18,75 menjadi 85,41% (baik).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Membaca permulaan, hambatan intelektual kategori ringan, dan metode Word Around (WA)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:19
Last Modified: 21 Mar 2023 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77122

Actions (login required)

View Item View Item