FENDRIK, MUHAMMAD (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DARING BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MATEMATIKA MAHASISWA PGSD. S3 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
s3fulltext_muhammad fendrik_18706261001.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Pemasalahan yang dikaji dalam penelitian ini mengkaji tentang adalah kompetensi matematika mahasiswa PGSD dan belum tersedianya model pembelajaran daring berbasis etnomatematika yang didukung dengan tersedianya perangkat perkuliahan, berupa rencana pembelajaran semester (RPS), lembar tugas mahasiswa (LTM), dan materi ajar (MA). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring matematika pada mahasiswa PGSD saat ini (2) mendeskripsikan kelemahan-kelemahan pembelajaran daring matematika pada mahasiswa PGSD saat ini, (3) mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran daring berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kompetensi matematika mahasiswa PGSD, (4) menguji tingkat kelayakan model pembelajaran daring berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kompetensi matematika mahasiswa PGSD, (5) menguji tingkat kepraktisan model pembelajaran daring berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kompetensi matematika mahasiswa PGSD, dan (6) menguji tingkat keefektifan model pembelajaran daring berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kompetensi matematika mahasiswa PGSD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) model Plomp. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD dari UNY, UAD, UPY, dan UST yang berada di provinsi DIY. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data analisis kebutuhan yang dikumpulkan berupa pengamatan, FGD, tes, dan wawancara, skala penilaian, dan data keefektifan model pembelaran menggunakan soal tes kompetensi matematika yang dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Produk yang dihasilkan berupa model pembelajaran daring berbasis etnomatematika dan perangkat pendukung pembelajaran. Adapun beberapa temuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) implementasi pembelajaran daring matematika di SD saat ini dilaksanakan melalui banyak aplikasi seperti whatsapp, google classroom, dan aplikasi e-learning. Selama pembelajaran daring, mahasiswa sering mengalami kendala seperti jaringan internet tidak stabil, banyaknya tugas yang diberikan, sulit fokus serta aplikasi yang rumit. (2) kelemahankelemahan pembelajaran daring matematika pada mahasiswa PGSD saat ini adalah bagi mahasiswa yang mampu memahami materi tanpa penjelasan dosen mungkin akan berjalan dengan lancar, namun berbeda dengan mahasiswa yang tidak mampu memahami materi, apabila tidak dijelaskan oleh dosen menyebabkan pembelajaran daring menjadi sulit untuk diimplementasikan, (3) pengembangan model pembelajaran daring berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kompetensi matematika mahasiswa PGSD dikembangkan menggunakan model pengembangan Plomp (2013) yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu: (a) preliminary research (studi pendahuluan); (b) development or prototyping phase (pengembangan atau pembuatan prototipe); dan (c) assessment phase (penilaian). Model yang dikembangkan ini memiliki tahapan, diantaranya adalah: (i) mengenali, (ii) organisasi, (iii) desain, (iv) aksi, serta (v) refleksi, evaluasi, dan transformasi. Adapun model pembelajaran yang dihasilkan memiliki isi model yang memuat sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, serta dampak instruksional dan dampang pengiring, (4) pengujian tingkat kelayakan model pembelajaran daring berbasis etnomatematika berdasarkan hasil validasi berupa penilaian yang diberikan oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi, dan praktisi secara keseluruhan berkategori sangat layak. Penilaian dilakukan pada model pembelajaran daring berbasis etnomatematika dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan; (5) pengujian tingkat kepraktisan model pembelajaran daring berbasis etnomatematika dilihat dari perolehan nilai iii keterlaksanaan perkuliahan, aktivitas dosen, aktivitas mahasiswa, respon dosen, dan respon mahasiswa termasuk pada kategori praktis. Hasil ini dapat dilihat berdasarkan penilaian dosen yang menunjukkan kepraktisan dengan kriteria sangat praktis. Respon mahasiswa menunjukkan kepraktisan dengan kriteria praktis. Hasil observasi keterlaksanaan perkuliahan menunjukkan bahwa model pembelajaran daring berbasis etnomatematika terlaksana sebesar 86,9%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran daring berbasis etnomatematika memenuhi kriteria kepraktisan; dan (6) pengujian tingkat keefektifan model pembelajaran daring berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kompetensi matematika mahasiswa PGSD. Keefektifan model pembelajaran yang dikembangkan terlihat adanya perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan model pembelajaran daring berbasis etnomatematika dan pembelajaran dengan model pembelajaran ekspositori. Kompetensi matematika mahasiswa PGSD yang diajarkan dengan model pembelajaran daring berbasis etnomatematika lebih baik bila dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran daring berbasis etnomatematika efektif untuk meningkatkan kompetensi matematika mahasiswa PGSD.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran daring, etnomatematika, kompetensi matematika, mahasiswa PGSD |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 01:39 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 01:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77115 |
Actions (login required)
View Item |