PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROBOTIKA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

ARIO, WIRATMOKO (2012) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROBOTIKA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover-07501241011.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -07501241011.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -07501241011.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -07501241011.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-07501241011.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler robotika terhadap kecerdasan emosional siswa di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang mengikuti ekstrakurikuler robotika di SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 35 responden. Penelitian ini menggunakan dua macam variabel yaitu: 1) variabel bebas: kegiatan ekstrakurikuler robotika (X), 2) variabel terikat: kecerdasan emosional siswa (Y). Pengumpulan data untuk variabel kegiatan ekstrakurikuler robotika dan kecerdasan emosional siswa menggunakan metode angket dengan skala Likert. Keabsahan data diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas. Pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas dengan menggunakan software SPSS 17.00. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menghitung harga mean, median, modus, dan simpangan baku. Analisis data untuk uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan untuk mengetahui besarnya persentase derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y digunakan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara kegiatan ekstrakurikuler robotika dan kecerdasan emosional siswa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan, dengan kontribusi 40,7% dan sisanya 59,3% ditentukan oleh variabel lain. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel (4,755 > 2,042) pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan ekstrakurikuler robotika, kecerdasan emosional siswa
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 06:05
Last Modified: 29 Jan 2019 17:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7710

Actions (login required)

View Item View Item