PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD N PUNUKAN

Astuti, Fizka Nur (2022) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD N PUNUKAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_fizka nur astuti_19108241051.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas V SD Negeri Punukan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi (1) tahapan perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Punukan tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) kuisioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (2) lembar observasi keaktifan siswa, dan (3) kuisioner penilaian diri siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemberian motivasi dari guru dan penggunaan ice breaking, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD N Punukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: : keaktifan siswa, model pembelajaran kooperatif tipe NHT
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:36
Last Modified: 17 Mar 2023 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77059

Actions (login required)

View Item View Item