PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV GUGUS MINOMARTANI KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Wulandari, Desi Esti (2023) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV GUGUS MINOMARTANI KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_desi esti wulandari_19108244043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Perhatian orang tua memiliki pengaruh pada hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Oleh sebab itu, perhatian dan pengawasan dari orang tua sangat diperlukan untuk memotivasi anak agar bisa melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik, serta meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV Gugus Minomartani Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV semester genap tahun ajaran 2021/2022 Gugus Minomartani Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman yang berjumlah 250 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan probability sampling dengan teknik proporsional random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel krecjie dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel sebanyak 152 orang. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk data hasil belajar bahasa Indonesia siswa (Y) dan angket untuk data perhatian orang tua (X). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, pengujian hipotesis dengan analisis regresi linear sederhana serta uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan linearitas. Data penelitian dari uji linearitas cronbach’s alpha didapat sebesar 0,849. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa dengan nilai signifikansi α 0,007 < 0,05. Didapat nilai R sebesar 0,263 dan koefisien determinan atau R Square sebesar 0,069. Angka tersebut menunjukkan bahwa variabel perhatian orang tua (X) berpengaruh terhadap variabel hasil belajar bahasa Indonesia (Y) siswa sebesar 6,9%. Sisanya yaitu 93,1% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Implikasi dari penelitian ini adalah orang tua diupayakan untuk memiliki hubungan yang baik dan memberikan parenting yang bagus kepada anaknya. Agar dapat berdampak positif terhadap anak terutama meningkatkan hasil belajarnya. Persamaan regresi yang diperoleh yakni Y’ = 66,425 + 0,141 X. Koefisien regresi bernilai positif artinya jika X meningkat maka Y juga meningkat. Jadi dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perhatian orang tua, hasil belajar, bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 17 Mar 2023 03:23
Last Modified: 17 Mar 2023 03:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77052

Actions (login required)

View Item View Item