MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF PANGUKAN MATERI PECAHAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION

Ningsih, Agnes A.Jati (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI MA’ARIF PANGUKAN MATERI PECAHAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_agnes a. jati ningsih_21108244113.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar materi pecahan kelas V MI Ma’arif pangukan masih rendah. Beberapa faktor penyebabnya adalah strategi pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa cenderung mudah bosan, pasif dan membicarakan hal-hal diluar materi. Proses pembelajaran di MI Ma’arif Pangukan masih kurang berpusat pada siswa, siswa masih kurang mendapatkan diskusi kelompok. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar sekaligus memperbaiki proses pembelajaran pecahan melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada siswa kelas V MI Ma’arif Pangukan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model siklus yang berulang dan berkelanjutan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif Pangukan yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 16 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar materi pecahan. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas V melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe TAI. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai siswa materi pecahan sebelum dan sesudah diberi tindakan. Peningkatan nilai rata-ratahasil belajar pre-test siklus I adalah 45,45% dan 77,27 % pada siklus II, serta nilai posttest pada siklus I adalah 68,18 % dan 86,36 % pada siklus II. Selain itu, kualitas proses pembelajran juga meningkat. Peningkatan nilai observasi aktivitas guru 75% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II dan nilai abservasi aktivitas siswa 57% pada siklus I menjadi 72 % pada siklus II dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Pecahan, Strategi Kooperatif tipe TAI.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:58
Last Modified: 17 Mar 2023 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77051

Actions (login required)

View Item View Item