PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENANAMKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN KELAS IV SD

Susanti, Rika (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENANAMKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN KELAS IV SD. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_rika susanti_18108241132.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah pengembangan multimedia interaktif berbasis android, (2) mengetahui kelayakan konseptual multimedia interaktif berbasis android yang dihasilkan, (3) mengetahui kelayakan empiris multimedia interaktif berbasis android yang dihasilkan, dan (4) mengetahui keefektifan multimedia interaktif berbasis android yang dihasilkan untuk menanamkan pemahaman konsep pecahan kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) yang mengacu pada lima langkah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subyek uji coba adalah siswa kelas IV SD Sungapan. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) multimedia interaktif dikembangkan menggunakan kodular dengan hasil luaran berupa aplikasi dengan berbagai fitur interaktif yang dapat dijalankan melalui smartphone; (2) hasil validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa multimedia interaktif telah memenuhi kriteria “layak” dengan skor rata-rata dari ahli materi sebesar 3,65 dan skor ratarata dari ahli media sebesar 3,85; (3) hasil respon siswa dan respon guru menunjukkan bahwa multimedia interaktif telah memenuhi kriteria “layak” dengan peroleh skor rata-rata dari respon guru sebesar 4,67 dan skor rata-rata dari respon siswa pada kelompok kecil sebesar 4,57 serta (4) multimedia interaktif yang dihasilkan dinyatakan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan kelas IV SD dengan perolehan nilai gain sebesar 0,51 dengan kategori “sedang”. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis android dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Matematika untuk menanamkan pemahaman konsep pecahan kelas IV SD.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, pemahaman, konsep pecahan, android
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 14 Mar 2023 06:51
Last Modified: 14 Mar 2023 06:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76995

Actions (login required)

View Item View Item