Pengembangan Flipped Classroom Model Terintegrasi Socio- Scientific Issues untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMP.

Sugrah, Nurfatimah and Suyanta, Suyanta (2023) Pengembangan Flipped Classroom Model Terintegrasi Socio- Scientific Issues untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-nurfatimah sugrah-19703261054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui karakteristik model pembelajaran flipped classroom model terintegrasi socio-scientific issues (FCM-SSI) yang dihasilkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa SMP, (2) mengetahui kelayakan model pembelajaran tersebut, (3) mengetahui keefektifan model pembelajaran tersebut, dan (4) mengetahui kepraktisan model pembelajaran tersebut dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa SMP. Penelitian pengembangan ini mengikuti prosedur Borg & Gall. Subjek penelitian untuk uji coba lapangan utama adalah 60 siswa SMP kelas 8 dan untuk uji coba lapangan operasional adalah 182 siswa SMP di Kabupaten Klaten. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan formula Aiken’s V untuk mengetahui kelayakan model; statistik deskriptif untuk mengatahui kepraktisan model; statistik manova untuk menganalisis keefektifan model terhadap variabel terikat; dan analisis Kruskal-Wallis untuk mengetahui perbedaan tiap indikator pada keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model pembelajaran FCM-SSI meliputi tujuh tahapan pembelajaran, yaitu fase online terdiri dari observasi awal, orientasi isu kontroversial; fase offline terdiri dari umpan balik dari video pembelajaran, mengorganisasikan siswa, argumentasi terhadap SSI, mengambil keputusan terkait isu, dan menyimpulkan. Produk yang dihasilkan berupa buku model pembelajaran FCM-SSI dan buku panduan model FCM-SSI serta perangkat pembelajarannya, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan model FCM-SSI, bahan ajar berbasis SSI, video pembelajaran berbasis SSI, Lembar Kerja Siswa (LKPD), tes keterampilan berpikir kritis, dan instrumen skala sikap ilmiah. (2) Model pembelajaran FCM-SSI dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran IPA berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli. (3) Model pembelajaran FCM-SSI efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa SMP, yang dapat dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok yang diajar dengan menggunakan model FCM-SSI dengan kelompok yang diajar dengan model konvensional. (4) Model pembelajaran FCM-SSI dinyatakan praktis digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa SMP. Kepraktisan model pembelajaran tersebut dilihat dari aspek keterlaksanaan model pembelajaran serta respon guru dan siswa terhadap model pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom model, keterampilan berpikir kritis, sikap ilmiah, socio- scientific issues
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:12
Last Modified: 27 Mar 2023 06:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76978

Actions (login required)

View Item View Item