UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAME TO THE LEFT PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI SUMBERDUKUN

Aprilia, Dhini Putri (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE GAME TO THE LEFT PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI SUMBERDUKUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_dhini putri aprilia_19108244032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode Game To the Left pada peserta didik kelas V SD Negeri Sumberdukun, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan. Jenis penelitian ini adalah PTK secara kolaboratif dengan guru kelas. Desain penelitian menggunakan model Kimmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SD Negeri Sumberdukun yang berjumlah 10 peserta didik, terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan soal tes dan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penulisan menunjukkan bahwa metode Game To the Left dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SD Negeri Sumberdukun, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari jumlah peserta didik yang mencapai KKM. Pada pra tindakan peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 4 peserta didik atau sebesar 40%, siklus I peserta didik yang mencapai KKM meningkat menjadi 8 peserta didik atau sebesar 80%, pada siklus II meningkat menjadi 9 peserta didik atau sebesar 90% peserta didik kelas V tuntas belajar. Secara proses, menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran menjadi meningkat, terlihat dari peserta didik yang lebih aktif, komunikatif, percaya diri dan suasana pembelajaran lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPS, metode Game To the Left
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:30
Last Modified: 14 Mar 2023 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76948

Actions (login required)

View Item View Item