PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SE-KECAMATAN KEBASEN

DESTI KURNIA, SARASWENI (2012) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SE-KECAMATAN KEBASEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08108249124.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08108249124.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08108249124.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08108249124.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108249124.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD se- Kecamatan Kebasen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-postfacto. Sementara pelaksanaan penelitiannya menggunakan penelitian sampling. Populasi penelitian ini adalah 1013 siswa. Cara pengambilan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh 287 anggota sampel. Teknik pengambilan anggota sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Sebelum penelitian dilaksanakan, terlebih dahulu diadakan uji validitas dan reliabilitas instrumen. Kedua instrumen masing-masing diuji menggunakan validitas isi dan empirik. Validitas instrumen bimbingan belajar dihitung menggunakan product moment, sedangkan instrumen tes prestasi belajar matematika dihitung menggunakan point biserial. Reliabilitas instrumen bimbingan belajar dihitung dengan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh indeks reliabilitas sebesar 0,89951, sedangkan reliabilitas instrumen tes prestasi belajar matematika dihitung menggunakan rumus KR21 dan diperoleh indeks reliabilitas sebesar 0,84789. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dengan uji prasyarat normalitas, linieritas, nonkolinieritas, dilanjutkan dengan menghitung koefisien determinasi (r2). Uji normalitas dihitung menggunakan Chi Kuadrat ( χ2 ), uji liniertias dihitung dengan Uji F, uji nonkolinieritas dihitung menggunakan rumus product moment dan koefisien determinasi dihitung dengan mengkuadratkan indeks koefisien product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika sebesar 55%. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan Analisis Regresi yang memperoleh Fhitug = 5,49 > Ftabel = 3,89.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar, prestasi belajar matematika.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 03:59
Last Modified: 29 Jan 2019 17:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7688

Actions (login required)

View Item View Item