PENGARUH OUTDOOR LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DI SEKOLAH DASAR

Fitri Yani, Fitri Yani (2023) PENGARUH OUTDOOR LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PELAJARAN IPA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_fitri yani_19108244063.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Outdoor Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas IV dalam pelajaran IPA materi bagianbagian tumbuhan di sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dnegan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian dua sekolah berbeda yakni SDN Deresan dengan jumlah siswa 26 dan SDN Samirono dengan jumlah siswa 14. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil tes skala motivasi belajar dan dianalisis dengan uji prasyarat analisis serta uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pembelajaran Outdoor Learning terhadap motivasi belajar siswa kelas IV dalam pelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya di SDN Deresan dan SDN Samirono. Hasil rata-rata pretest sebesar 47,83 dan hasil ratarata posttest sebesar 49,83. Hasil uji-t diperoleh nilai sebesar 0,011 < 0,05 berdasarkan pemerolehan nilai tersebut pada pembelajaran yang diterapkan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar IPA siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Outdoor learning, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:48
Last Modified: 08 Mar 2023 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76868

Actions (login required)

View Item View Item