PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR SUSUN KUBUS DAN BALOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI MAGUWOHARJO 1 SLEMAN

Maulana, Andrian (2023) PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR SUSUN KUBUS DAN BALOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI MAGUWOHARJO 1 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_andrian maulana_18108241053.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu komponen yang dibutuhkan guna mendukung proses pembelajaran berjalan dengan lancar. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang realistik untuk membantu proses pembelajaran siswa dari pemikiran yang abstrak agar menjadi lebih konkret khususnya pada pembelajaran matematika di SD Negeri Maguwoharjo 1 Sleman dan bertujuan untuk mengembangkan media yang layak berdasar ahli materi dan ahli media serta media yang praktis menurut guru dan siswa. Pengembangan media ini menggunakan tahapan 4D menurut Thiagarajan yang terdiri dari tahap define, design, develop, and disseminate. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Angket yang digunakan untuk validasi ahli materi, validasi ahli media, dan kepraktisan guru menggunakan empat skala berpedoman skala Likert, sedangkan untuk angket kepraktisan siswa menggunakan dua skala berpedoman skala Guttman. Kelayakan media yang dikembangkan yaitu media roda putar susun kubus dan balok untuk materi volume kubus dan balok ini mendapatkan skor 42 dengan kategori “Sangat Layak” dari hasil validasi materi dan memperoleh skor sebesar 46 dengan kategori “Sangat Layak” dari hasil validasi media. Sementara itu, hasil dari kepraktisan siswa pada uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa media ini diklasifikasikan pada kategori “Sangat Praktis” dengan memperoleh skor 93,93% dan pada uji coba lapangan kelompok besar mendapatkan skor 92,64% dengan kategori “Sangat Praktis”. Pada penilaian kepraktisan dari respon guru memperoleh skor 85,72% dengan kategori “Sangat Praktis”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : media roda putar, matematika, volume kubus dan balok
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:08
Last Modified: 08 Mar 2023 01:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76851

Actions (login required)

View Item View Item