PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DAN SCHOOL WELLBEING TERHADAP KETERLIBATAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING

Novani, Indah (2023) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DAN SCHOOL WELLBEING TERHADAP KETERLIBATAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_indah novani_21108244115.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh keterlibatan orang tua dan School Wellbeing sebagai mediasi atau moderasi terhadap keterlibatan siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran matematika secara daring siswa kelas IV dan V di Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V di Kabupaten Bantul. Teknik pengambilan sampel menggunakan convinence sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 478 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner offline dan online menggunakan google form yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi sederhana dan metode dengan macro PROCESS oleh Andrew F. Hayes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengaruh keterlibatan orang tua terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika secara daring (online) pada siswa kelas IV dan kelss V Sekolah Dasar yang bersekolah di Sekolah Dasar Kabupaten Bantul bersifat signifikan. Artinya semakin meningkatnya keterlibatan orang tua maka dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam dalam pembelajaran matematika secara daring. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan belajar anak dapat menjadikan motivasi anak untuk menjadi sukses dalam pembelajaran di sekolah karena orang tua mendukung dan terlibat pada pendidikan anak. (2) Pengaruh scholl wellbeing siswa terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika secara daring (online) pada siswa kelas IV dan kelss V Sekolah Dasar yang bersekolah di Sekolah Dasar Kabupaten Bantul bersifat signifikan atau bermakna. Adanya school wellbeing pada siswa memberikan dampak positif mengenai penilaiannya terhadap lingkungan sekolahnya. (3) Pengaruh keterlibatan orang tua dan scholl wellbeing siswa terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika secara daring (online) pada siswa kelas IV dan kelss V Sekolah Dasar yang bersekolah di Sekolah Dasar Kabupaten Bantul bersifat signifikan atau bermakna. Keterlibatan orang tua dan school wellbeing sebagai moderasi atau sebagai mediasi di sekolah dalam proses pembelajaran matematika secara daring dapat memengaruhi terhadap keterlibatan siswa (student engegement) baik secara positif maupun negatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Orangtua, Keterlibatan Siswa, pembelajaran daring
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Mar 2023 06:58
Last Modified: 07 Mar 2023 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76848

Actions (login required)

View Item View Item