POLA PERILAKU AGRESIF PADA ANAK DENGAN GANGGUAN EMOSI DAN PERILAKU BERDASARKAN ASESMEN FUNGSI PERILAKU DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA

Wulandari, Rezty (2023) POLA PERILAKU AGRESIF PADA ANAK DENGAN GANGGUAN EMOSI DAN PERILAKU BERDASARKAN ASESMEN FUNGSI PERILAKU DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_rezty wulandari_18103241050.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku agresif pada anak dengan gangguan perilaku di SLB E Prayuwana Yogyakarta menggunakan prosedur Asesmen Fungsi Perilaku. Penelitian difokuskan pada setting perilaku subjek selama mengikuti kegiatan di sekolah dengan mengumpulkan data dan informasi mengenai antecedent, behavior, consequences dan faktor yang memengaruhi perilaku bermasalah agresif dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksploratori. Subjek dalam penelitian ini adalah anak dengan gangguan perilaku di SLB E Prayuwana Yogyakarta yakni BR. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan pengisian skala motivasi perilaku. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif yaitu dalam bentuk naratif dan tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan antecedent atau pemicu munculnya perilaku bermasalah agresif berupa pemberian tugas yang dianggap sulit, instruksi atau perintah untuk melakukan kegiatan atau aktivitas tertentu, kegiatan yang tidak terstruktur, ketika sedang memainkan ponsel. Consequence atau konsekuensi dilakukannya perilaku bermasalah agresif berupa escape atau terhindar dari tugas atau aktivitas yang tidak diinginkan, sensory atau mendapatkan kesenangan atau sensori dari indera, tangible atau mendapatkan imbalan dan aktivitas yang diinginkan serta attention untuk mendapatkan perhatian dari orang lain. Faktor yang memengaruhi munculnya perilaku agresif pada subjek BR antara lain faktor Ibu yang mengonsumsi obat tertentu saat mengandung dan menyusui, faktor usia pubertas, faktor intelektual dibawah anak seusianya, kurangnya perhatian dari orangtua, lingkungan sosial dan pertemanan yang kurang kondusif serta pengaruh media sosial

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pola Perilaku Agresif, Anak dengan Gangguan Emosi dan Perilaku, Asesmen Fungsi Perilaku
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:32
Last Modified: 06 Mar 2023 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76827

Actions (login required)

View Item View Item