POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ORAL PADA ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 BANTUL

Cecilia, Hellen (2023) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ORAL PADA ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_hellen cecilia_18103244009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang diberikan orang tua dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi oral pada anak dengan hambatan pendengaran di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Bantul. Penelitian deskriptif kualitatif ini dimaksudkan untuk menganalisis mengenai pola asuh orang tua pada kemampuan berkomunikasi oral anak dengan hambatan pendengaran di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Bantul. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan berbagai teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian dilakukan dengan dua teknik yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini dapat dilakukan dengan beberapa tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi oral pada anak dengan hambatan pendengaran di SLB N 2 Bantul diantaranya 1) Orang tua dari MFA, NTK, dan BF memberikan pelatihan kepada anak masing-masing untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara oral. 2) Kondisi MFA dalam berkomunikasi oral cukup baik, kondisi NTK dalam berkomunikasi oral mempunyai kemampuan yang baik dan lingkungan sekitarnya mampu mengerti apa yang dibicarakan NTK, kondisi BF dalam berkomunikasi oral cukup baik. 3) Orang tua NTK menerapkan intervensi sejak dini, orang tua BF tidak memberikan perlakuan khusus untuk BF, orang tua MFA memberikan perlakuan yang sama terhadap anaknya. Orang tua MFA dan NTK menerapkan pola asuh demokratis sedangkan orang tua BF menerapkan pola asuh permisif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh, anak hambatan pendengaran, komunikasi oral
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:28
Last Modified: 06 Mar 2023 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76797

Actions (login required)

View Item View Item