PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BAGI MURID GANGGUAN BERBAHASA DALAM MENGENALKAN KONSEP SENI TARI BERDASARKAN PERSEPSI GURU DI SEKOLAH CIKAL CILANDAK

Eka Meilia, Giovani (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BAGI MURID GANGGUAN BERBAHASA DALAM MENGENALKAN KONSEP SENI TARI BERDASARKAN PERSEPSI GURU DI SEKOLAH CIKAL CILANDAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_giovani eka meilia_18103244002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi bagi murid gangguan berbahasa ekspresif untuk mengenalkan konsep seni tari berdasarkan persepsi guru di Sekolah Cikal Cilandak. Penelitian ini difokuskan pada strategi pelaksanaan diferensiasi proses pembelajaran, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengenalkan konsep seni tari berdasarkan persepsi guru di Sekolah Cikal Cilandak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Terdapat dua subjek dalam penelitian ini yaitu guru program seni tari dan guru pendamping khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif-kualitatif. Uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam mengenalkan konsep seni tari berdasarkan persepsi guru yaitu: 1) pelaksanaan diferensiasi pembelajarannya dengan disediakan pertanyaan pemandu yang sesuai dengan kemampuan atau level bahasa murid, agar murid dapat belajar lebih banyak kosakata hingga menyusun kalimat sesuai kaidah bahasa secara lengkap dan tepat. Agenda belajar untuk murid gangguan berbahasa ekspresif memuat tiga tabel yaitu tabel untuk jadwal dan penugasan, tabel catatan dari guru, serta masukan atau refleksi dari murid. Penugasan dan jadwal disesuaikan dengan kemampuan murid. Aktivitas pengenalan konsep seni tari dibagi menjadi menjadi empat tahap kegiatan yaitu tahap pengenalan konsep, tahap eksplorasi, dan tahap berkreasi. Pada proses pelaksanaannya, saat pengenalan konsep seni tari murid diperbolehkan memilih sendiri alternatif belajarnya menggunakan video, sekolah.mu, padlet, powerpoint, ataupun slides.; 2) faktor pendukung internal dalam pembelajaran berdiferensiasi dalam mengenalkan konsep seni tari ini yaitu murid mampu memilih sendiri media belajar yang disediakan guru dan menyesuaikan kecepatan belajarnya, faktor pendukung eksternalnya yaitu sekolah sudah memberikan fasilitas yang cukup untuk murid gangguan berbahasa di dalam studio tari. Faktor penghambat internal yaitu murid kesulitan dalam mengelola atensi dan emosi selama pembelajaran berlangsung, faktor penghambat eksternalnya yaitu guru belum memiliki bahan ajar yang tervalidasi ahli mengenai pembelajaran diferensiasi dalam mengenalkan konsep seni tari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran diferensiasi, mengenalkan konsep seni tari, murid gangguan berbahasa, persepsi guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:39
Last Modified: 06 Mar 2023 08:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76766

Actions (login required)

View Item View Item