PENGALAMAN GURU MENGGUNAKAN APLIKASI BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB E PRAYUWANA

Hardanti, Yastia Fitri (2023) PENGALAMAN GURU MENGGUNAKAN APLIKASI BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB E PRAYUWANA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_yastia fitri hardanti_17103241018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengalaman guru dalam menggunakan aplikasi belajar berbasis teknologi informasi pada pembelajaran jarak jauh siswa berkebutuhan khusus di SLB E Prayuwana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode wawancara dan dokumentasi untuk teknik pengumpulan data. Subjek pada penelitian ini adalah 3 guru yang pernah menggunakan aplikasi belajar berbasis teknologi informasi selama pembelajaran jarak jauh di SLB E Prayuwana. Kebasahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan deskripsi pengalaman guru dalam menggunakan aplikasi belajar berbasis teknologi informasi dalam berbagai aspek. Aspek setting kelas dapat dilihat perangkat teknologi informasi yang tersedia di sekolah selama pembelajaran jarak jauh di SLB E Prayuwana yaitu laptop, komputer, dan akses internet menggunakan wifi dan kuota gratis dari sekolah ataupun pemerintah. Aspek penggunaan teknologi pada pembelajaran jarak jauh berupa penggunaan perangkat berbasis teknologi dan aplikasi belajar oleh guru dan siswa seperti penggunaan ponsel pintar dan penggunaan aplikasi belajar seperti quizizz dan wordwall. Aplikasi lain yang sesuai untuk digunakan siswa berkebutuhan khusus adalah youtube. Aspek persepsi guru terhadap teknologi berdasarkan pernyataan subjek cukup memahami teknologi, akan tetapi masih butuh belajar dengan meperbanyak pengalaman. Ketiga subjek berpendapat bahwa teknologi informasi penting dalam kebutuhan saat ini, akan tetapi harus disesuaikan dengan kondisi siswa berkebutuhan khusus karena tidak semua aplikasi sesuai dengan karakteristik siswa berkebutuhan khusus. Selanjutnya, menurut pendapat guru intensitas penggunaan aplikasi dapat meningkatkan keterampilan. Faktor internal seperti usia dapat berpengaruh akan tetapi tergantung dengan kemauan dari guru masing-masing

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman guru, aplikasi belajar, teknologi informasi, pembelajaran jarak jauh, siswa berkebutuhan khusus
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:52
Last Modified: 06 Mar 2023 08:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76750

Actions (login required)

View Item View Item