PERAN ORANG TUA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS IB SD NEGERI TEGALREJO 1 YOGYAKARTA

Amiroh, Amiroh (2023) PERAN ORANG TUA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS IB SD NEGERI TEGALREJO 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_amiroh_18108241103.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua terhadap keterampilan membaca permulaan siswa; mengetahui keterampilan membaca permulaan siswa; dan mengetahui faktor yang memengaruhi orang tua dalam membelajarkan membaca permulaan siswa kelas IB SDN Tegalrejo 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua siswa kelas IB SDN Tegalrejo 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang dilakukan orang tua terhadap keterampilan membaca permulaan anak sudah diterapkan, akan tetapi belum maksimal. Peran yang dilakukan orang tua dalam membelajarkan anak membaca permulaan meliputi: orang tua sebagai pendidik; orang tua sebagai fasilitator; orang tua sebagai pendamping; orang tua sebagai motivator; dan orang tua sebagai contoh figur yang baik. Adapun keterampilan membaca permulaan siswa terbagi tiga yaitu siswa yang sudah lancar, menengah, dan belum lancar membaca permulaan. Hubungan keterlibatan peran orang tua mempengaruhi keterampilan membaca permulaan siswa. Semakin optimal peran yang dijalankan, maka kemampuan membaca permulaan anak akan semakin meningkat. Begitu juga, jika peran yang dijalankan orang tua kurang optimal, maka kemampuan membaca permulaan anak kurang berkembang, meskipun inti peran yang diterapkan setiap orang tua itu sama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: membaca permulaan, peran orang tua.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Mar 2023 05:07
Last Modified: 07 Mar 2023 05:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76747

Actions (login required)

View Item View Item