PENGARUH MEDIA BUSY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA HAMBATAN MAJEMUK KELAS V SEKOLAH DASAR LUAR BIASA DI SEKOLAH LUAR BIASA BINA SIWI PAJANGAN BANTUL

Rosdiyanti, Vika Maulid (2023) PENGARUH MEDIA BUSY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA HAMBATAN MAJEMUK KELAS V SEKOLAH DASAR LUAR BIASA DI SEKOLAH LUAR BIASA BINA SIWI PAJANGAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_vika maulid rosdiyanti_17103244005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran busy book dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa hambatan majemuk kelas V di Sekolah Luar Biasa Bina Siwi Pajangan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen subjek tunggal (single Subject Research) dengan subjek seorang siswa hambatan majemuk kelas V di Sekolah Luar Biasa Bina Siwi Pajangan. Desain penelitian yang digunakan yaitu A-B-A’ untuk pengumpulan data menggunakan tes lisan dan tes performa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran busy book berpengaruh digunakan pada pembelajaran dalam aspek meningkatkan komunikasi siswa hambatan majemuk kelas V di Sekolah Luar Biasa Bina Siwi Pajangan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan skor hasil tes kemampuan komunikasi pada saat sebelum dan setelah diberikan intervensi, yaitu skor pencapaian rata-rata atau mean level seniali 17,94 pada fase baseline satu kemudian nilai menjadi 47,11 pada fase baseline dua. Selain itu, diperkuat dengan hasil analisis antar kondisi menunjukkan perubahan stabilitas dari stabil ke stabil, perubahan level data yang meningkat, perubahan arah dan efeknya, serta tidak ditemui adanya data yang tumpang tindih.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media busy book, komunikasi, anak hambatan majemuk
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:42
Last Modified: 06 Mar 2023 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76731

Actions (login required)

View Item View Item