PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ”CATATAN DINDING” TERHADAP KEDISIPILINAN DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB DHARMA RENA RING PUTRA II YOGYAKARTA

ARUM, PUSPITANINGTYAS (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ”CATATAN DINDING” TERHADAP KEDISIPILINAN DIRI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB DHARMA RENA RING PUTRA II YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 07103244009.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 07103244009.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2 - 07103244009.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5 - 07103244009.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 07103244009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran nyata dan objektif mengenai pengaruh penggunaan media “catatan dinding” terhadap kedisiplinan diri anak tunagrahita ringan di SLB Dharma Rena Ring Putra II Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis pendekatan penelitian kuasi eksperimen, desain penelitian yang digunakan one group pre-test post-test. Subyek penelitian merupakan anak tunagrahita ringan berjumlah 4 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan ditampilkan dalam bentuk predikat kemampuan kedisiplinan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan penggunaan media “catatan dinding” mampu memberikan pengaruh pada kemampuan kedisiplinan diri saat belajar di kelas yang meliputi kedisiplinan waktu kehadiran, sikap belajar di kelas, kedisiplinan terhadap tugas dari guru, tidak membolos saat jam pelajaran. Penggunaan media “catatan dinding” memberikan pengaruh yang berbeda-beda pada setiap individu. Subyek FJR mengalami perubahan sikap kedisiplinan dari predikat cukup menjadi baik, subyek ANS dari predikat kurang menjadi cukup, subyek SRL dari predikat cukup menjadi baik, dan subyek JK dari predikat kurang menjadi cukup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan media “catatan dinding” terhadap kedisiplinan diri anak tunagrahita ringan pada saat belajar di kelas dapat ditingkatkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media “catatan dinding” dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap kedisiplinan diri anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media“catatan dinding”, kedisiplinan diri, anak tunagrahita ringan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 03:50
Last Modified: 29 Jan 2019 17:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7668

Actions (login required)

View Item View Item