HUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI, UMBULHARJO, YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

ARIN NUR, ASTUTI (2012) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI, UMBULHARJO, YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108244120.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108244120.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108244120.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108244120.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108244120.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kemampuan berkomunikasi dengan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana semua data yang diperoleh disajikan dalam bentuk angka. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta berjumlah 159 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Validitas instrumen dihitung dengan korelasi product moment sedangkan reliabilitas dihitung dengan rumus koefisien alpha. Hasil validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa dari 25 butir soal instrumen kemampuan berkomunikasi guru, jumlah soal yang valid sejumlah 22 butir soal dan untuk instrumen motivasi belajar sebanyak 20 butir soal, jumlah soal yang valid sejumlah 18 butir soal. Penguji hipotesis menggunakan analisis deskriptif dan teknik korelasi product moment. Perhitungan dan analisisnya menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berkomunikasi guru dengan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan harga r hitung lebih besar daripada harga r tabel dengan N= 159 pada taraf signifikansi 5%, yaitu 0,507>0,117 menunjukkan tingkat hubungan yang sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berkomunikasi guru, motivasi belajar matematika.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 05:59
Last Modified: 29 Jan 2019 17:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7665

Actions (login required)

View Item View Item