EFEKTIVITAS MEDIA GAME EDUKATIF “BECA” TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI SISWA HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS V DI SLB PGRI MINGGIR

Mulyana, Nuzullaini (2023) EFEKTIVITAS MEDIA GAME EDUKATIF “BECA” TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI SISWA HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS V DI SLB PGRI MINGGIR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_nuzullaini mulyana_18103244008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan media game edukatif “Beca” terhadap kemampuan membaca permulaan bagi siswa hambatan intelektual di SLB PGRI Minggir. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest post-test design. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 4 kali perlakuan dan 2 pertemuan untuk pretest dan post-test. Subjek penelitian merupakan 3 siswa hambatan intelektual. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan observasi terhadap keterampilan siswa menggunakan media game edukatif “Beca”. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Data disajikan dalam bentuk tabel secara persentase untuk dimaknai naratif sehingga ditarik kesimpulan melalui uji statistik non-parametrik berupa Wilcoxon test. Hasil penelitian ini adalah media game edukatif “Beca” efektif terhadap kemampuan membaca permulaan bagi siswa hambatan intelektual di SLB PGRI Minggir. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya perbedaan nilai pretest hasil belajar membaca permulaan Hasil rata-rata pretest ketiga siswa yaitu 28,3%. Hasil rata-rata post-test ketiga siswa yaitu 76,7%. Hasil tersebut menunjukkan adanya perubahan positif atau selisih antara pretest dan post-test yaitu 48,4%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media game edukatif “Beca”, membaca permulaan, siswa hambatan intelektual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:17
Last Modified: 06 Mar 2023 02:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76434

Actions (login required)

View Item View Item