PENGARUH KEMAMPUAN KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK MATA PELAJARAN PRODUKTIF ALAT UKUR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

AGUNG HUDI, KURNIAWAN (2012) PENGARUH KEMAMPUAN KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK MATA PELAJARAN PRODUKTIF ALAT UKUR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 06504241020.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 06504241020.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2 - 06504241020.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 06504241020.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 06504241020.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Kognitif Terhadap Kemampuan Psikomotorik Mata Pelajaran Produktif Alat Ukur pada Siswa Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Prambanan Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Prambanan yang berjumlah 141 siswa. Pengambilan sampel yang berjumlah 100 siswa didasarkan atas rumus penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari kemampuan kognitif sebagai variabel independent dan kemampuan psikomotorik sebagai variabel dependent. Metode pengambilan data menggunakan metode tes tertulis dengan soal uraian untuk kemampuan kognitif dan tes unjuk kerja dengan pengamatan langsung untuk kemampuan psikomotorik. Validitas instrumen ini menggunakan pengujian validitas konstruk dengan penilaian jugdment experts dan pengujian validitas isi dengan pengujian tingkat kesukaran dan daya pembeda, sedangkan reliabilitas instrumennya menggunakan uji stanbility dengan rumus Product Moment. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis uji beda atau t-test pada taraf signifikansi 5% dengan terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas dan uji korelasional. Berdasarkan hasil analisis menunjukan kemampuan kognitif memberikan pengaruh terhadap kemampuan psikomotorik pada mata pelajaran produktif alat ukur siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Prambanan, yang dibuktikan dengan hasil rhitung sebesar 0,73 menunjukan hubungan variabel dalam kategori kuat dan thitung sebesar 8,62 lebih besar dari ttabel (1,65). Hal ini membuktikan bahwa kemampuan psikomotorik siswa yang memiliki kemampuan kognitif tinggi, lebih baik dari pada kemampuan psikomotorik siswa yang memiliki kemampuan kognitif rendah dalam mata pelajaran produktif alat ukur, sehingga semakin meningkatnya kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran produktif alat ukur, akan diikuti dengan peningkatan kemampuan psikomotoriknya begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 02:57
Last Modified: 27 Nov 2012 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7635

Actions (login required)

View Item View Item