PENGARUH MEDIA FLUIDSIM-P TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MERANGKAI DIAGRAM PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIK DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA

ADI IRFAN, RAHMANUDIN (2012) PENGARUH MEDIA FLUIDSIM-P TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MERANGKAI DIAGRAM PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIK DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1. sampul -10503247003.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. halaman sampul-10503247003.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. halaman persetujuan diujikan-10503247003.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. halaman pernyataan-10503247003.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. halaman pengesahan-10503247003-10503247003.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. motto-10503247003.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. persembahan-10503247003.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. abstrak-10503247003.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. kata pengantar-10503247003.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. daftar isi-10503247003.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. daftar gambar-10503247003.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. daftar tabel-10503247003.pdf

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. daftar lampiran-10503247003.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-10503247003.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-10503247003.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V-10503247003.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka-10503247003.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 1 (Permohonan Validasi Instrumen)-10503247003.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 2 (Kisi-kisi Instrumen)-10503247003.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 3 (Instrumen Penelitian)-10503247003.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 4 (Kunci Jawaban)-10503247003.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 5 (Validasi Ahli)-10503247003.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 6 (Rubrik Penilaian)-10503247003.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 7 (Ijin Penelitian FT UNY)-10503247003.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 8 (Ijin Penelitian SEKDA PEMPROV DIY)-10503247003.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 9 (Ijin Penelitian Dinas Perizinan PEMKOT)-10503247003.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 10 (Validasi Guru Mapel)-10503247003.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 11 (Silabus)-10503247003.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 12 (RPP)-10503247003.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 13 (Data Penelitian)-10503247003.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 14 (t Tabel)-10503247003.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 15 (Surat Keterangan Penelitian dari SMK)-10503247003.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

Salah satu kendala pembelajaran pneumatik yang dilakukan secara konvensional adalah kesulitan dalam merangkai diagram pneumatik. Software FluidSIM-P yang dirancang sebagai software simulator diagram pneumatik dengan berbagai kemudahannya diharapkan mampu mengatasinya. Dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh media FluidSIM-P ini terhadap kemampuan siswa merangkai diagram pada mata pelajaran pneumatik. Tujuannya, agar diketahui kemampuan siswa sebelum dan setelah menggunakan software, serta mengetahui apakah terjadi peningkatan yang menunjukkan perbedaan kemampuan sebelum dan sesudah. Penelitian untuk mengetahui pengaruh software FluidSIM-P terhadap kemampuan siswa merangkai diagram pneumatik dilakukan di SMK PIRI 1 Yogyakarta, pada kelas X jurusan Teknologi Pemesinan. Penelitian dilakukan dengan metode Pre-eksperimen one group pretest-posttest design. Pretest dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa merangkai diagram sebelum menggunakan software FluidSIM-P, Posttest untuk mengetahui kemampuan siswa merangkai diagram setelah menggunakn software FluidSIM-P. Kemampuan siswa merangkai diagram dilihat dari gejala pusat pada masing-masing data penelitian. Absolute gain antara pretest dan posttest menunjukkan pengaruh software terhadap kemampuan siswa merangkai diagram. Dilakukan uji signifikansi untuk mengetahui apakah perbedaan tersebut signifikan atau tidak. Data yang diperoleh dideskripsikan melalui gejala pusat menunjukkan perbedaan antara pretest dan posttest. Rerata absolute gain bernilai positif artinya terjadi peningkatan, dengan kata lain software FluidSIM-P ini mampu meningkatkan kemampuan siswa merangkai diagram pneumatik di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Terjadi peningkatan secara signifikan setelah dilakukan uji signifikansi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: FluidSIM-P, pneumatik, one group pretest posttest design
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 02:24
Last Modified: 29 Jan 2019 17:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7614

Actions (login required)

View Item View Item