ADI IRFAN, RAHMANUDIN (2012) PENGARUH MEDIA FLUIDSIM-P TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MERANGKAI DIAGRAM PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIK DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1. sampul -10503247003.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
2. halaman sampul-10503247003.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
3. halaman persetujuan diujikan-10503247003.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
4. halaman pernyataan-10503247003.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
5. halaman pengesahan-10503247003-10503247003.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
6. motto-10503247003.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
7. persembahan-10503247003.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
8. abstrak-10503247003.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
9. kata pengantar-10503247003.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
10. daftar isi-10503247003.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
11. daftar gambar-10503247003.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
12. daftar tabel-10503247003.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
13. daftar lampiran-10503247003.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-10503247003.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II-10503247003.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V-10503247003.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka-10503247003.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 1 (Permohonan Validasi Instrumen)-10503247003.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 2 (Kisi-kisi Instrumen)-10503247003.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 3 (Instrumen Penelitian)-10503247003.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 4 (Kunci Jawaban)-10503247003.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 5 (Validasi Ahli)-10503247003.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 6 (Rubrik Penilaian)-10503247003.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 7 (Ijin Penelitian FT UNY)-10503247003.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 8 (Ijin Penelitian SEKDA PEMPROV DIY)-10503247003.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 9 (Ijin Penelitian Dinas Perizinan PEMKOT)-10503247003.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 10 (Validasi Guru Mapel)-10503247003.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 11 (Silabus)-10503247003.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 12 (RPP)-10503247003.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 13 (Data Penelitian)-10503247003.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 14 (t Tabel)-10503247003.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 15 (Surat Keterangan Penelitian dari SMK)-10503247003.pdf Download (311kB) | Preview |
Abstract
Salah satu kendala pembelajaran pneumatik yang dilakukan secara konvensional adalah kesulitan dalam merangkai diagram pneumatik. Software FluidSIM-P yang dirancang sebagai software simulator diagram pneumatik dengan berbagai kemudahannya diharapkan mampu mengatasinya. Dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh media FluidSIM-P ini terhadap kemampuan siswa merangkai diagram pada mata pelajaran pneumatik. Tujuannya, agar diketahui kemampuan siswa sebelum dan setelah menggunakan software, serta mengetahui apakah terjadi peningkatan yang menunjukkan perbedaan kemampuan sebelum dan sesudah. Penelitian untuk mengetahui pengaruh software FluidSIM-P terhadap kemampuan siswa merangkai diagram pneumatik dilakukan di SMK PIRI 1 Yogyakarta, pada kelas X jurusan Teknologi Pemesinan. Penelitian dilakukan dengan metode Pre-eksperimen one group pretest-posttest design. Pretest dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa merangkai diagram sebelum menggunakan software FluidSIM-P, Posttest untuk mengetahui kemampuan siswa merangkai diagram setelah menggunakn software FluidSIM-P. Kemampuan siswa merangkai diagram dilihat dari gejala pusat pada masing-masing data penelitian. Absolute gain antara pretest dan posttest menunjukkan pengaruh software terhadap kemampuan siswa merangkai diagram. Dilakukan uji signifikansi untuk mengetahui apakah perbedaan tersebut signifikan atau tidak. Data yang diperoleh dideskripsikan melalui gejala pusat menunjukkan perbedaan antara pretest dan posttest. Rerata absolute gain bernilai positif artinya terjadi peningkatan, dengan kata lain software FluidSIM-P ini mampu meningkatkan kemampuan siswa merangkai diagram pneumatik di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Terjadi peningkatan secara signifikan setelah dilakukan uji signifikansi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | FluidSIM-P, pneumatik, one group pretest posttest design |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mesin Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 27 Nov 2012 02:24 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |