Tingkat Motivasi dan Motif Siswa Kelas XI Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK di SMA Negeri 3 Slawi

Meldy, Ivania (2023) Tingkat Motivasi dan Motif Siswa Kelas XI Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK di SMA Negeri 3 Slawi. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ivania meldy_18601241033.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurangnya semangat serta kesungguhan siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK didasari oleh motivasi dan motif siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat motivasi siswa dan motif apa saja yang melatarbelakangi siswa kelas XI dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMA Negeri 3 Slawi. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods (kombinasi) dengan menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini mengambil tempat di SMA Negeri 3 Slawi. Sampel serta partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan sampel berjumlah 76 siswa menggunakan stratified random sampling dan 10 partisipan menggunakan purposive. Teknik pengambilan data pendekatan kuantitatif menggunakan instrument angket yang berisi 31 pernyataan sedangkan pendekatan kualitatif menggunakan human instrument dengan wawancara. Teknik analisis data dengan deskriptif kuantitatif menghitung presentase dan dimasukan kedalam kategori dengan menggunakan penilian acuan norma, teknik analis data kualitatif dilaksanakan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi siswa kelas XI dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMA Negeri 3 Slawi diketahui hasil penyeberan angket kategori “sangat tinggi” tidak ada, kategori “tinggi” sebanyak 17 siswa (22,36%), kategori “sedang” sebanyak 26 siswa (34,21%), kategori “rendah” sebanyak 21 siswa (27,63%), dan kategori “sangat rendah” sebanyak 12 siswa (15,78%). Hasil penelitian terkait motif yang melatarbelakangi siswa kelas XI dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMA Negeri 3 Slawi yaitu minat dikarenakan rasa suka siswa terhadap materi pembelajaran serta suasana pembelajaran, sedangkan manfaat dikarena siswa mampu menunjang kesehatan dan kebugaran jasmani.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Muhammad Hamid Anwar, M.Phil.
Uncontrolled Keywords: motivasi, motif, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Jan 2023 07:45
Last Modified: 17 Jan 2023 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76131

Actions (login required)

View Item View Item