Pengembangan Model Penilaian Kemampuan Penalaran Matematika di Sekolah Dasar.

Andrijati, Noening and Retnawati, Heri (2022) Pengembangan Model Penilaian Kemampuan Penalaran Matematika di Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-noening andrijati-14701261002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan desain model penilaian kemampuan penalaran matematika di sekolah dasar, 2) menguji kualitas model penilaian yang dikembangkan, dan 3) mengungkap profil capaian penalaran siswa. Model penilaian dikembangkan menggunakan metode penelitian pengembangan Plomp yang meliputi tahapan penelitian pendahuluan, pengembangan, dan penilaian. Tahap penelitian pendahuluan memuat kegiatan identifikasi masalah dan analisis kebutuhan yang dilakukan melalui kajian teoritik, kajian empirik, dan studi lapangan. Pada tahap ini dihasilkan rancangan model penilaian kemampuan penalaran matematika (MP-KPM). Pada tahap pengembangan dilakukan penyusunan prototipe model yang memuat spesifikasi model, instrumen penilaian, dan prosedur model penilaian. Tahap pengembangan ini menghasilkan MP-KPM yang layak diterapkan pada kegiatan penilaian model. Tahap penilaian ditandai dengan kegiatan uji coba model penilaian dalam pembelajaran matematika. Uji coba model melibatkan instrumen penilaian dan prosedur (sintaks) model, serta ditujukan untuk menguji keterlaksanaan dan keefektifan MP-KPM. Kegiatan uji coba melibatkan guru dan siswa SD kelas IV di Kota Tegal. Uji coba terbatas melibatkan 2 guru model dan 58 orang siswa, sementara uji coba diperluas melibatkan 4 guru model dan 112 siswa. Kualitas model penilaian yang diterapkan ditentukan pula oleh instrumen penilaian KPM yang terdiri atas kisi-kisi dan soal kemampuan penalaran. Data dikumpulkan melalui tes, angket, dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur capaian penalaran siswa, angket digunakan untuk mengungkap keberfungsian model, dan observasi digunakan untuk mengungkap kepraktisan model. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif digunakan untuk memperoleh informasi mengenai kualitas instrumen penilaian dan kategorisasi keterlaksanaan dan keberfungsian model. Analisis secara kualitatif digunakan untuk mengolah data masukan dari validator saat pengembangan model dan data pada saat uji coba model. Instrumen penilaian KPM dan instrumen penilaian model telah melalui proses validasi. Kualitas instrumen penilaian kemampuan penalaran matematika dianalisis validitas isi dan konstruk, reliabilitas konstruk dan internal konsistensi, serta karakteristik butirnya. Validitas isi dihitung dengan formula Aiken, validitas konstruk dan reliabilitas konstruk diestimasi dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA), serta karakteristik butir dianalisis dengan IRT model politomus Generalized Partial Credit Model (GPCM). Model penilaian divalidasi oleh para ahli terkait spesifikasinya. Profil capaian penalaran matematika siswa diperoleh melalui analisis terhadap hasil tes kemampuan penalaran matematika ditinjau dari indikator-indikator: menganalisis informasi, membuat atau menyelidiki dugaan, serta menyusun atau membuat argumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model penilaian kemampuan penalaran matematika yang dikembangkan merupakan kerangka kerja yang sistematis dalam menerapkan tahapan penilaian kemampuan penalaran matematika, mencakup persiapan, pelaksanaan, serta analisis dan pemanfaatan hasil penilaian. Model penilaian KPM memiliki spesifikasi berupa tujuan model, karakteristik model, komponen model, dan prosedur model penilaian; 2) Model penilaian terbukti praktis dan efektif dalam mengumpulkan bukti-bukti penilaian atau informasi capaian penalaran matematika siswa; dan 3) Profil capaian penalaran siswa yang berasal dari sekolah dengan kualifikasi tinggi dan sedang menunjukkan penguasaan yang baik dan berimbang terhadap ketiga indikator penalaran, namun siswa yang berasal dari sekolah dengan kualifikasi rendah memiliki penguasaan yang baik hanya pada indikator menganalisis masalah, tidak demikian dengan kemampuan membuat atau menyelidiki dugaan dan menyusun bukti atau membuat argumen. Kata Kunci: model penilaian, penalaran matematika, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model penilaian, penalaran matematika, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jan 2023 03:06
Last Modified: 17 Jan 2023 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/76124

Actions (login required)

View Item View Item