PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI KLEGUNG 1 TEMPEL

ALVYTA LAYLA, ARBAYTA (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI KLEGUNG 1 TEMPEL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108244080.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1 - 08108244080.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2 - 08108244080.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5 - 08108244080.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108244080.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Klegung 1 Tempel dan mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD N Klegung 1 Tempel. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pedekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian quasi experiment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Klegung 1 Tempel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VA 23 siswa dan kelas VB 24 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan soal, LKS dan angket. Uji validitas internal instrumen dilakukan dengan uji validitas isi dan uji ahli, sedangkan uji validitas eksternal dilakukan dengan mengujicobakan instrumen ke SD lain yang diasumsikan setara. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Klegung 1 Tempel jika dibandingkan dengan metode konvensional. Hal tersebut ditunjukkan dari rerata hasil belajar ranah kognitif pada kelompok eksperimen yaitu 23,13 yang berarti lebih tinggi dari rerata kelompok kontrol yaitu 20,78, sedangkan rerata untuk hasil belajar ranah afektif pada kelompok eksperimen yaitu 71 yang berarti lebih tinggi pula dari rerata kelompok kontrol yaitu 67,57. Dalam pelaksanaan pembelajaran pada kelompok eksperimen dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) langkah-langkahnya, yaitu: (1) penomoran, (2) mengajukan pertanyaan, (3) berpikir bersama, dan (4) menjawab pertanyaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Klegung 1 Tempel.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, hasil belajar PKn
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 02:23
Last Modified: 27 Nov 2012 02:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7612

Actions (login required)

View Item View Item