Pengembangan Media Diagram Batang Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pengolahan Data Kelas IV Sekolah Dasar Di Kabupaten Cirebon

Sholeha, Herisa Hardiyanti (2022) Pengembangan Media Diagram Batang Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pengolahan Data Kelas IV Sekolah Dasar Di Kabupaten Cirebon. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_herisa hardiyanti sholeha_20712251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media diagram batang berbasis digital untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan mengetahui efektivitas media diagram batang berbasis digital terhadap motivasi belajar. Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa guru kesulitan mengembangkan media pembelajaran, motivasi belajar siswa rendah, proses pembelajaran kurang menarik, belum tersedia media pembelajaran secara memadai, dan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D), dengan model yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Langkah-langkah pengembangannya meliputi kegiatan sebagai berikut: 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal; 2) perencanaan; 3) pengembangan produk awal; 4) uji coba produk awal; 5) revisi produk utama; 6) uji coba lapangan utama; 7) revisi produk operasional; 8) uji coba operasional; 9) revisi produk akhir; 10) implementasi dan diseminasi. Uji efektivitas dilakukan setelah produk akhir, namun sebelum dilakukan implementasi dan diseminadsi. Uji efektivitas produk menggunakan penelitian true-exsperimental. Instrument yang digunakan adalah skala motivasi, rating scale, dan daftar cek. Ukuran sampel ditentukan dengan rumus Federer. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling. Data dianalisis menggunakan uji independent sample ttest, dengan uji asumsi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap uji coba produk awal media diagram berbasis digital secara kuantitatif dinyatakan cukup layak digunakan, dengan hasil skor ahli materi 27, ahli media 33, guru 47 dan siswa 48. Secara kualitatif terdapat catatan 1) perlu mencantumkan profil, 2) penambahan menu video, 3) merapikan bagian kompetensi, dan 4) penulisan yang typo. Pada tahap uji coba lapangan utama produk secara kuantitatif dinyatakan layak digunakan, dengan hasil skor ahli materi 39, ahli media 47, guru 62 dan siswa 76. Secara kualitatif terdapat perbaikan pada menu profil, petunjuk dan soal. Tahap uji coba operasional produk dinyatakan sangat layak digunakan dengan hasil skor ahli materi 58, ahli media 56, guru 78 dan siswa 100. Secara kualitatif terdapat catatan perlu penyempurnaan pada font dan tombol. Hasil uji efektivitas, produk dinyatakan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rerata motivasi belajar yang lebih tinggi pada kelas yang diajar dengan media diagram batang berbasis digital dari pada kelas yang diajar dengan media diagram batang berbasis power point. Secara statistik perbedaan nilai rerata motivasi belajar tersebut signifikan. Media hasil penelitian ini dapat diakses melalui PC dan android, serta diserahkan kepada koordinator tempat penelitian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media diagram batang berbasis digital, dan motivasi belajar siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:49
Last Modified: 09 Dec 2022 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75634

Actions (login required)

View Item View Item