Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Keterampilan Menulis Cerita Fiksi di Kelas IV

Syafa, Dhia Asy (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Keterampilan Menulis Cerita Fiksi di Kelas IV. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_dhia asy syafa_20712251042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa untuk meningkatkan minat dan keterampilan menulis cerita fiksi. (2) mengetahui proses pembuatan produk media pembelajaran berbasis Adobe flash untuk meningkatkan minat dan keterampilan menulis cerita fiksi. (3) mengetahui hasil kelayakan ahli materi dan ahli media pembelajaran berbasis Adobe Flash. (4) mengetahui keefektifan siswa kelas IV dalam menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash untuk minat belajar dan keterampilan menulis cerita fiksi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Adapun langkah ADDIE yang meliputi pertama analysis tahap mengetahui kebutuhan, kedua design atau merencanakan media yang dibutuhkan, ketiga development yakni merancang produk yang dibutuhkan, implementation tahap dimana produk ini diuji cobakan dan evaluation tahap pengukuran ketercapaian suatu penelitian. Validasi dilakukan oleh pakar dibidangnya ada ahli media dan ahli materi. Uji coba dilakukan terdiri dari uji one to one trial, uji small trial, dan uji filed trial. Subjek partisipasi pada penelitian ini ada 93 peserta didik di kelas IV Gugus 02 Kecamatan Nibung Hangus. Teknik pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara, angket skala dan tes tertulis. Hasil penelitian ini diketahui membutuhkan media menarik dan menyenangkan, membutuhkan media pembelajaran dan membutuhkan pengembangan media berbasis teknologi, maka peneliti mengembangankan media pembelajaran berbasis Adobe Flash untuk meningkatkan minat dan keterampilan menulis cerita fiksi. Media pembelajaran berbasis Adobe Flash yang layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi. Hasil kelayakan ahli media diperoleh yaitu sebesar 4,25 dan termasuk ke dalam kategori “sangat layak” dan ahli materi diperoleh 5,00 dan termasuk ke dalam kategori “sangat layak”. Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash terdapat uji efektifitas produk pada peningkatan minat belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash yakni nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari nilai pretest yaitu 51,26˃ 88,66 dengan peningkatan sebesar 31,4 dan nilai Ngain 0,31 yang termasuk dalam kategori “Sedang”. Sedangkan hasil keterampilan menulis cerita fiksi nilai rata-rata posttest lebih tinggi daripada nilai pretest yaitu 87,8 ˃ 53,4 dengan peningkatan sebesar 34,4 dan nilai gain 0,72 yang termasuk dalam kategori “Tinggi”. Hasil uji-t berpasangan juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar dan keterampilan menulis cerita fiksi pada siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash dengan nilai signifikansi ˂ 0,05 yaitu sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash, Minat Belajar, Keterampilan Menulis, Cerita Fiksi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:46
Last Modified: 09 Dec 2022 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75633

Actions (login required)

View Item View Item