Pengembangan Multimedia InteraktifBerbasis Android untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Se-Kecamatan Kotagede

NINGRUM, DITA SALSAVIRA CAHAYA (2022) Pengembangan Multimedia InteraktifBerbasis Android untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Karakter Cinta Tanah Air Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Se-Kecamatan Kotagede. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_dita salsavira cahaya ningrum_20712251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan multimedia interaktif berbasis android untuk meningkatkan penguasaan konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD, 2) mengetahui kepraktisan multimedia interaktif berbasis android untuk meningkatkan penguasaan konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD, dan 3) menguji keefektifan multimedia interaktif berbasis android untuk meningkatkan penguasaan konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini dilakukan di Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mengacu pada 5 langkah model ADDIE yang dikembangkan oleh Branch. Subjek uji coba terdiri atas 3 siswa pada tahap one-to-one trial, 9 siswa pada tahap small group trial, dan 31 siswa pada tahap field trial. Kemudian dilanjutkan pada tahap implementasi menggunakan 52 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, skala, dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara saat studi pendahuluan. Data kuantitatif diperoleh dari angket need analysis, skala penilaian ahli, angket respon pengguna, skala penilaian diri, penilaian observasi, dan tes. Skala penilaian ahli digunakan untuk mengetahui kelayakan yang dianalisis dengan menggunakan konversi skor dalam lima kategori. Angket respon pengguna digunakan untuk mengetahui kepraktisan multimedia interaktif berbasis android. Keefektifan multimedia interaktif berbasis android dalam meningkatkan penguasaan konsep dan karakter cinta tanah air dianalisis dengan skor N-gain, uji-t, dan uji MANOVA dengan taraf signifikansi sebesar 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penelitian ini telah menghasilkan multimedia interaktif berbasis android yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas IV SD, (2) multimedia interaktif berbasis android memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media dengan kriteria “sangat layak”, (3) multimedia interaktif berbasis android memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil angket respon guru dan respon siswa pada uji coba one-to-one trial, small group trial, dan field trial dengan kriteria “sangat praktis”. (4) multimedia interaktif berbasis android yang dihasilkan dinyatakan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD. Hasil uji MANOVA menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis android mampu meningkatkan penguasaan konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD secara signifikan dengan nilai signifikansi p ≤ 0.05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif berbasis android, penguasaan konsep, karakter cinta tanah air
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:44
Last Modified: 09 Dec 2022 03:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75632

Actions (login required)

View Item View Item