Pengembangan Media Komik Digital untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata dan Minat Baca Siswa Kelas II SD Gugus 3 Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta

Pangriptaningrum, Anggraita (2022) Pengembangan Media Komik Digital untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata dan Minat Baca Siswa Kelas II SD Gugus 3 Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_anggraita pangriptaningrum_20712251054.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

: . Tesis: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan (1) media komik digital yang memenuhi kriteria kelayakkan, (2) mengetahui kepraktisan produk saat digunakan siswa, (3) mengetahui keefektifan media komik digital untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia dan minat baca. Penelitian ini merupakan Research and Development dilaksanakan di Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta dengan melibatkan 5 Sekolah Dasar. Tahapan pengembangan penelitian mengacu pada 10 tahapan Borg and Gall (1983). Subjek uji coba terdiri dari 115 siswa kelas II SD. Tahap pertama merupakan tahap uji coba lapangan awal terdiri dari 12 siswa. Tahap kedua adalah tahap lapangan utama yang terdiri dari 35 siswa. Tahap selanjutnya uji coba lapangan operasional yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol yang terdiri dari 68 siswa. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, dan tes. Analisis data diperoleh berdasarkan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh berdasarkan wawancara dan observasi awal. Data kuantitatif diperoleh dari skala penilaian ahli media, ahli materi, respon siswa, respon guru, angket minat baca siswa, dan tes penguasaan kosakata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media komik digital memperoleh skor 114 oleh ahli media dengan kriteria sangat layak. Kriteria layak berada pada kisaran 91,8 sampai 113,4. Media komik digital juga memperoleh skor 143 oleh ahli materi dengan kriteria sangat layak. Kriteria layak berada pada kisaran 102 sampai 126; (2) media komik digital dinyatakan memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan uji coba subjek pada siswa dan guru pada uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama; (3) media komik digital yang dihasilkan telah memenuhi kriteria efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia dan minat baca siswa kelas II SD. Hal ini berdasarkan hasil skor N-gain menunjukkan bahwa nilai penguasaan kosakata bahasa Indonesia dan minat baca siswa di kelas eskperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol. Hasil uji t dan uji MANOVA menunjukkan bahwa media komik digital dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Indonesia dan minat baca siswa siswa kelas II SD dengan nilai sig 0,000 (p≤0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media komik digital, penguasaan kosakata, minat baca
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:38
Last Modified: 09 Dec 2022 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75628

Actions (login required)

View Item View Item