Pengembangan Modul Literasi Keluarga untuk Meningkatkan Minat Baca dan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Gugus 5 Kecamatan Kalasan

LARASWATI, WAHYU (2022) Pengembangan Modul Literasi Keluarga untuk Meningkatkan Minat Baca dan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Gugus 5 Kecamatan Kalasan. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_wahyu laraswati_20712251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengembangan modul literasi keluarga untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD, 2) mengetahui kelayakan modul literasi keluarga untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD, dan 3) mengetahui keefektifan modul literasi keluarga untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model dari Borg and Gall. Uji coba lapangan awal dilakukan pada 17 orang tua siswa SD Dhuri, dan uji coba lapangan utama dilakukan pada 24 orang tua siswa SD Karangnongko 1. Uji coba lapangan operasional dilakukan pada 28 kelas kontrol dan 28 kelas eksperimen pada orang tua siswa SD Purwomartani. Diseminasi dilakukan pada 168 orang tua siswa kelas 1 SD se-gugus 5 Kecamatan Kalasan. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket minat baca dan memberikan penilaian pada kemampuan membaca siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penilaian dari ahli materi dan ahli media, penilaian orang tua siswa, skala minat baca siswa, serta penilaian kemampuan membaca siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan uji N-Gain, uji Mann Whitney, dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Modul Literasi Keluarga dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan minat baca dan kemampuan membaca siswa kelas 1 sekolah dasar. Modul Literasi Keluarga dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi materi yang mendapatkan skor rerata 4,07 dengan kategori tinggi, dan validasi media yang mendapatkan skor rerata 4,96 dengan kategori sangat tinggi. Modul Literasi Keluarga dinyatakan efektif berdasarkan hasil dari berbagai pengujian. Uji N Gain menunjukkan bahwa kelas kontrol mengalami peningkatan yang rendah yaitu 0,09 pada minat baca dan 0,07 pada kemampuan membaca. Uji N Gain pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sedang yaitu 0,38 pada minat baca dan 0,46 pada kemampuan membaca. Hasil uji Mann Whitney minat baca mendapatkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu 0,007 dan uji Mann Whitney pada variabel kemampuan membaca mendapatkan nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,018 yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan minat baca dan kemampuan membaca siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan modul literasi keluarga. Uji Wilcoxon variabel minat baca dan kemampuan membaca mendapatkan skor kurang dari 0,05 yaitu 0,000 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap peningkatan minat baca dan kemampuan membaca sebelum dan sesudah menggunakan Modul Literasi Keluarga.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul literasi keluarga, minat baca, kemampuan membaca, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:28
Last Modified: 09 Dec 2022 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75623

Actions (login required)

View Item View Item