Pengembangan Media Komik Foto Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis dan Karakter Cinta Tanah Air Kelas V SD di Kecamatan Wates

PRAYITNO, ISWARI WIDYA (2022) Pengembangan Media Komik Foto Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis dan Karakter Cinta Tanah Air Kelas V SD di Kecamatan Wates. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_iswari widya prayitno_17712251028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media Komik Foto berbasis etnomatematika yang layak untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis dan karakter cinta tanah air siswa kelas V SD di kecamatan Wates, dan (2) mengetahui keefektifan media Komik Foto berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis dan karakter cinta tanah air siswa kelas V SD di kecamatan Wates. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan media Komik Foto berbasis etnomatematika adalah model Borg & Gall. Penelitian dan pengembangan model Borg & Gall melalui 10 tahap dari tahap studi pendahuluan sampai tahap desiminasi dan implementasi. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Wates. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan tes. Sebelum dilakukan tes, produk divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, serta respon guru dan siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, independent sample t-test, dan MANOVA. Hasil penelitian dan pengembangan memperlihatkan bahwa media Komik Foto berbasis etnomatematika layak digunakan dalam pembelajaran. Media tersebut dinyatakan layak berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba di sekolah. Uji independent sample t-test pada kemampuan literasi matematika memperoleh nilai signifikansi 0,013 (kontrol dan eksperimen I) dan 0,021 (kontrol dan eksperimen II). Sedangkan, uji Independent sample t-test pada karakter cinta tanah air memperoleh nilai signifikansi 0,011(kontrol dan eksperimen I) dan 0,003 (kontrol dan eksperimen II). Nilai signifikansi tersebut <0,05 yang berarti terdapat pengaruh media Komik Foto berbasis etnomatematika terhadap kemampuan literasi matematis dan karakter cinta tanah air. Hasil uji MANOVA memperlihatkan nilai signifikansi 0,000 <0,05 yang berarti secara signifikan terdapat pengaruh media Komik Foto berbasis etnomatematika terhadap kemampuan literasi matematis dan karakter cinta tanah air siswa kelas V di Kecamatan Wates.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: komik foto, etnomatematika, kemampuan literasi matematis, karakter cinta tanah air
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:16
Last Modified: 09 Dec 2022 03:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75620

Actions (login required)

View Item View Item