Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Utami, Wanda Tri (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_wanda tri utami_19712251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul pembelajaran materi pecahan berbasis digital yang layak untuk meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas IV SD, (2) menguji keefektifan dari modul pembelajaran yang dikembangkan berorientasi pada motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas IV SD di Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang mengacu pada 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Adapun langkah-langkah tersebut yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) uji coba operasional, (6) revisi produk, (7) uji coba lapangan, (8) revisi produk, (9) hasil akhir produk, dan (10 desiminasi. Subjek peneltian pengembangan yaitu siswa dan guru kelas IV SD. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan skala. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji independen t, dan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) modul pembelajaran berbasis digital dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas IV berdasarkan hasil peningkatan rata-rata skor skala selama pembelajaran. Kelayakan dari aspek media mendapatkan skor rata-rata sebesar 4,68 dengan kategori “Sangat Valid” dan aspek materi mendapatkan skor rata-rata sebesar 2,89 dengan kategori “Sangat Valid”, (2) Modul pembelajaran berbasis digital yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa. Hasil uji coba lapangan operasional diperoleh nilai signifikani <0,05. Hasisl tersebut menunjukan bahwa modul pembelajaran berbasis digital berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas IV SD di Kapanewon Samigaluh.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran berbasis digital, motivasi belajar, kemandirian belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:14
Last Modified: 09 Dec 2022 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75619

Actions (login required)

View Item View Item