Pengembangan E-modul Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemahaman Konsep Bilangan pada Mahasiswa PGSD UPY

AMELIA, AMELIA (2022) Pengembangan E-modul Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemahaman Konsep Bilangan pada Mahasiswa PGSD UPY. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_amalia yulinda putri_18101241023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis realistic mathematics education berdasarkan kebutuhan dosen maupun mahasiswa dan mengetahui keefektifan e-modul dalam meningkatkan komunikasi matematis dan pemahaman konsep mahasiwa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri atas tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini diimplementasikan pada mahasiswa semester 2 program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas PGRI Yogyakarta. Jumlah subjek pada uji coba terdiri atas 24 mahasiswa dan pada implementasi terdiri atas 66 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, observasi, angket, dan tes. Analisis data menggunakan independent sample t test untuk mengetahui perbedaan komunikasi matematis dan pemahaman konsep secara terpisah antara kelompok eksperimen dan kontrol, paired sample t test untuk mengetahui perbedaan komunikasi matematis dan pemahaman konsep secara terpisah pada data pretest dan posttest, dan uji MANOVA untuk mengetahui perbedaan komunikasi matematis dan pemahaman konsep secara simultan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis realistic mathematics education sangat layak digunakan berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan materi serta hasil angket respon dosen dan mahasiswa. Kemudian, hasil independent sample t test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan komunikasi matematis dan pemahaman konsep secara terpisah antara kelompok eksperimen dan kontrol, paired sample t test menunjukkan terdapat perbedaan komunikasi matematis dan pemahaman konsep secara terpisah pada data sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan e-modul, dan uji MANOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan komunikasi matematis dan pemahaman konsep secara simultan antara kelompok eksperimen dan kontrol karena semuanya memperoleh nilai signifikansi < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa e-modul berbasis realistic mathematics education efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep mahasiswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-modul, realistic mathematics education, komunikasi matematis, pemahaman konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 08 Dec 2022 08:52
Last Modified: 08 Dec 2022 08:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75610

Actions (login required)

View Item View Item